default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Kebakaran Gunung Ranti, Akibat Pembakaran Lahan di Bondowoso

Kebakaran Gunung Ranti, Akibat Pembakaran Lahan di Bondowoso
Peristiwa Nasional
Kebakaran Hutan Gunung Ranti
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

BANYUWANGI - Gungung Ranti mengalami kebakaran cukup besar, pada Sabtu (19/10/2019). Berdasarkan asessment yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, sumber api berasal dari wilayah adminsitrasi Bondowoso.

"Sumber api dari wilayah administrasi Bondowoso. Karena di wilayah itu sering terjadi pembukaan lahan dengan cara dibakar, sehingga merambat sampai ke Wilayah administrasi Banyuwangi," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharrom, Sabtu (19/10/2019) malam.

BPBD, kata Eka, sudah berkoordinasi dengan Perhutani KPA Banyuwangi Barat untuk melakukan sejumlah penanganan sehingga kebakaran hutan di Gunung Ranti tidak meluas. 

"Perhutani sudah menerjunkan petugas kebakaran hutan untuk mengeliminasi kobaran api, agar tidak meluas. Per jam 21.00 Wib, sudah dilaporkan mulai berkurang," katanya. 

Selain itu, pihaknya juga menerjunkan TRC BPBD untuk membantu peehutani sekaligus melakukan asessment dampak dari kebakaran hutan. "Dari asessment yang dilakukan, sekitar 10 hektar lahan di Gunung Ranti yang terbakar. Bisa lebih karena ada beberapa spot titik api," imbuhnya.

Menurut Eka, kebakaran hutam di Gunung Ranti ini sebenarnya rutin terjadi tiap tahun. "Jadi yang terbakar itu tanaman selasah, ranting dan rumput kering. Kemungkinan besok kebakaran sudah padam, ketika bahan bakarnya sudah habis," pungkasnya. 


Kontributor : Rozik Fanani
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar