default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Pantai Jumiang Pamekasan Bersolek, September Ini Layak Jual

Pantai Jumiang Pamekasan Bersolek, September Ini Layak Jual
Wisata
Tangga untuk swafoto yang telah selesai dibangun di Pantai Jumiang
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

PAMEKASAN, (suaraindonesia.co.id)- Destinasi wisata di Pamekasan terus ditata dan dibenahi sebagai salah satu upaya untuk mendatangkan wisatawan pada  2018 ini.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pamekasan Achmad Sjaifuddin kepada suaraindonesia.co.id, Senin (20/08).

"Di tahun 2018, Disparbud Kabupaten Pamekasan mencanangkan dua strategi untuk mendatangkan wisatawan, yaitu membenahi dan menata destinasi wisata juga memperbanyak event kegiatan seni dan budaya," tuturnya.

Pembenahan dilakukan di dua destinasi wisata utama Pamekasan yaitu pantai Talang Siring dan Jumiang. 

"Alhamdulillah sudah nampak perubahan yang signifikan. Insya Allah September sudah layak jual," kata Achmad.

Achmad menjelaskan, bahwa di Pantai Jumiang sudah membenahi beberapa hal sehingga kebutuhan minimal destinasi wisata terselesaikan di tahun 2018.

"Kami sudah membenahi tangga untuk selfi, toilet, dan musala. Pembenahan bujuk Adirasa, pos tiket, jalan setapak, juga bak sampah," terangnya.

Menurutnya, kalau Jumiang untuk tahap pertama ini dianggap sudah cukup. Selanjutnya akan melirik sisi bawahnya. 

"Di sisi bawah, pasir putihnya sudah bagus, hanya karena faktor abrasi sehingga meninggalkan puing-puing bangunan yang sangat tidak elok," paparnya.

Kedepannya, direncanakan membuat semacam tangkis laut atau tanggul sepanjang beberapa ratus meter.

"Kami rencanakan nantinya akan membuat semacam tangkis laut atau semacam tanggul sepanjang beberapa ratus meter ke arah barat. Akan ditimbun sehingga ada tanggul dengan lebar sekitar dua meter sepanjang bibir pantai tersebut," terangnya.

Dilanjutkannya, bahwa tanggul tersebut memiliki dua fungsi utama yaitu melindungi kawasan pemukiman dari abrasi, dan bisa mendapatkan trap atau jebakan pasir.

"Nanti di atasnya untuk tempat bersantai, akan kita buat payung-payung pariwisata. Saya terinspirasi dari Gili Trawangan," pungkasnya.


Reporter : Candra Kirana
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar