default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Inilah Kedekatan Kapolres Pamekasan dengan Para Ulama 

Inilah Kedekatan Kapolres Pamekasan dengan Para Ulama 
Suara Pembaca
Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo saat bersilarurahmi dengan ulama.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

PAMEKASAN- Pada dasarnya, ulama dan umara memiliki peran tak tergantikan dalam masyarakat. Ulama berperan menjalankan dakwah untuk terus menanamkan dan merawat ajaran Islam agar terefleksi dalam diri setiap kaum muslim demi terciptanya kehidupan umat yang diridhoi Allah SWT. 

Sementara umara, pemimpin atau pejabat, menjadi pihak yang berwenang mengeluarkan kebijakan-kebijakan bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang dicita-citakan bersama. 

Keduanya harus bisa menjalin hubungan sinergis yang ideal agar tugas dan peran masing-masing bisa berjalan beriringan. Baik ulama maupun umara, keduanya mesti memahami peran masing-masing dan saling menghormati. 

"Saling menghormati berarti mengakui wewenang dan perannya masing-masing dalam masyarakat, sehingga tak terjadi benturan antara keduanya," tutur Teguh, Jumat (08/11/2019).

Melihat mayoritas bangsa kita yang beragama Islam, maka penting bagi pemerintah untuk menjalin hubungan yang sinergis dengan ulama untuk bekerjasama menciptakan kehidupan yang aman dan damai.

"Meski antara ulama dan umara memiliki kedudukan yang sama pentingnya dalam tubuh bangsa, namun ada hal yang mesti disadari oleh umara. Dalam menjalin sinergi ini, umara atau pemimpin mesti memiliki kesadaran untuk sowan (mendatangi) ke ulama," jelasnya.

Semenjak Teguh Wibowo pertama kali menjabat sebagai Kapolres Pamekasan, langkah pertama yang dilakukannya adalah bersilaturrahmi ke sejumlah ulama di Kabupaten Pamekasan.


Kontributor : Chandra Kirana
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar