default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Kapolres Tak Kooperatif, Humas Polda Jatim: Silahkan Laporkan ke Kapolri

Kapolres Tak Kooperatif, Humas Polda Jatim: Silahkan Laporkan ke Kapolri
Peristiwa Nasional
(Kanan) Dewan Pers, Ahmad Djauhar (Tengah) Kabag Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Lukman Hakim (Kiri) Kombespol.Frans Barung Mangera saat menjadi pemateri di acara sosialisasi Indeks Kemerdekaan Pers di Hotel Tanjung Plaza Surabaya, Jumat (29/11/2019).
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

 

SURABAYA - Jika ada kapolres di daerah ada yang tidak kooperatif terkait informasi dan enggan bermitra dengan wartawan silahkan laporkan ke Kapolri.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombespol Frans Barung Mangera, saat mengisi acara sosialisasi Indeks Kebebasan Pers oleh Dewan Pers, Jumat (29/11/2019) di Hotel Tanjung Plaza, Surabaya.

Kata Barung, selama ini Kapolri sudah menghimbau kapada kapolres se-indonesia untuk membangun komunikasi yang baik dengan media.

"Jika ada temuan kapolres tak kooperatif terkait berita, silahkan laporkan Kapolri langsung atau berkirim surat. Karena media merupakan komponen penting dari program kami," lugasnya, di hadapan puluhan pemimpin media di Jawa Timur.

Barung juga memaparkan, adapun yang menjadi alasan utama polisi selaku penegak hukum selain bertanggungjawab kepada negara, juga bertanggungjawab kepada masyarakat untuk menyampaikan.

"Seperti apapun prestasi polisi, tanpa peran media kami bukanlah apa-apa. Kami juga harus bertanggungjawab kepada publik," tegasnya.

Kendati demikian, pihaknya mengecualikan jika ada informasi yang dianggap demi menjaga stabilitas keamanan dan masih dalam proses penyidikan, sehingga tidak langsung cepat disampaikan.

"Dua hal itu yang harus wartawan pahami dan memaklumi. Tetapi, sampai saat ini masih terjalin baik terkait keterbukaan informasi," akui Barung.

Ia juga mengklaim, khusus di Jawa Timur dirinya sementara masih menjamin, mayoritas kapolres kooperatif kepada wartawan.

"Ini instruksi Kapolri (Jenderal Idham Azis) langsung dan semua kapolres mayoritas tahu itu. Ini penting untuk institusi Polri sendiri," sebutnya.

Acara itu, juga mengundang Ketua PWI Jatim, AJI Jatim, IJTI Jatim, SMSI Jatim, AMSI Jatim, SPS Jatim, Humas Pemprov Jatim, pemimpin redaksi media online, elektronik, radio, dan cetak yang tersebar di Jawa Timur.


Kontributor : Imam Khairon
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar