default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Humas Pemprov Jatim akan Prioritaskan Wartawan Bersertifikat Kompetensi

Humas Pemprov Jatim akan Prioritaskan Wartawan Bersertifikat Kompetensi
Peristiwa Nasional
Karikatur (Dodi Budiana/SUARA INDONESIA)
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

SURABAYA - Selain media yang sudah terverifikasi Dewan Pers, Pemprov Jatim juga akan memprioritaskan wartawan yang sudah bersertifikat kompetensi untuk kerjasama.

Pernyataan itu, disampaikan oleh Kabag Humas Pemprov Jatim Arif Lukman, usai menghadiri acara sosialisasi Indeks Kebebasan Pers Jawa Timur, di Hotel Tunjungan Plaza, Surabaya, Jumat (29/11/2019) siang.

Diakui Arif, semua wartawan yang bertugas di Pokja Pemprov Jatim tidak semua mengantongi sertifikat UKW (uji kompetensi wartawan) atau UKJ (uji kompetensi jurnalis).

"Jika pihak terkait sudah menghimbau harus media yang terverifikasi dan wartawannya harus bersertifikat kompeten, ya, kita ikuti. Jadi kita akan memetakan itu," ungkapnya.

Pihaknya juga mendorong, agar kepada para wartawan khususnya yang bertugas di wilayah Gubernur Jatim, untuk segera ikut uji kompetensi melalui lembaga atau organisasi profesi yang ditunjuk Dewan Pers.

"Untuk tahun 2020 sementara masih belum bisa menganggarkan untuk menyelenggarkan UKW. Doakan tahun-tahun berikutnya," harapnya.

Sementara anggota Dewan Pers, Ahmad Djauhar mengatakan, bahwa uji kompetensi sangat diperlukan oleh seorang wartawan atau redaktur agar mengasilkan produk jurnalistik kualiatas.

"Karena uji kompetensi bukan hanya diuji tentang bagaimana menulis berita yang baik, tetapi juga etika peliputan dan ada lagi yang terbaru, kode etik jurnalistik. Wartawan harus menguasai itu," tandasnya.


Kontributor : Imam Khairon
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar