default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Jember Tempati Urutan ke 3 Angka Perceraian Tertinggi se-Indonesia, Ini Penyebabnya

Jember Tempati Urutan ke 3 Angka Perceraian Tertinggi se-Indonesia, Ini Penyebabnya
Peristiwa Nasional
Karikatur (Dodi Budiana/Tim SUARA INDONESIA)
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

JEMBER - Kabupaten Jember, Jawa Timur tempati urutan ke 3 terbanyak kasus perceraian dalam keluarga. Bahkan, dalam satu bulan terakhir tidak kurang dari 400 pasang mengajukan gugatan cerai.

Informasi itu, terungkap saat disampaikan Ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Jember Subakri, saat menjadi pemateri pelatihan Bimbingan Pra NIkah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember.

Adapun data itu kata dia, bersumber dari Pengadilan Agama Jember beberapa waktu lalu dan sempat dimuat di media massa. 

Sementara yang menjadi alasan utama pasangan bercerai, menurut Subakri didominasi oleh faktor kekurangan ekonomi disusul alasan lain.

"Kami melakukan edukasi ini, untuk membentengi pindasi keluarga sakinah. Termasuk bagaimana calon keluarga bisa mengarur sirkulasi pengeluaran dan pendapatan," ujarnya, Sabtu (07/12/2019) di aula Kemenag Jember.

Mereka juga menghimbau, dalam acara pelatihan itu, para calon pasangan leluarga itu untuk benar-benar matang dan belajar berwira usaha untuk mencukupi dan membantu kebutuhan keluarga.

"Dari 10 balita yang ada di Indonesia 2 orang mengalami stunting (gizi buruk). Maka kita akan terus melakukan edukasi, pentingnya membangun kemandirian ekonomi dalam keluarga," pungkasnya.

Acara yang berdurasi sekitar 4 jam itu, dihadiri oleh puluhan remaja para calon keluarga yang masih belum menikah.


Kontributor : Imam Khairon
Editor : Ach Fawaid
Publisher : Arifin
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar