Kejari Mukomuko Gelar Pemusnahan BB Perkara Tipidum, Bupati Tidak Hadir Undangan Kajari

Kejari Mukomuko Gelar Pemusnahan BB Perkara Tipidum, Bupati Tidak Hadir Undangan Kajari
Peristiwa Daerah
Jajaran Kejari Mukomuko menggelar pemusnahan barang bukti Perkara Tipidum di halaman Kantor Kejari Mukomuko Senin (9/12/2019)

BENGKULU,MUKOMUKO- Jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menggelar pemusnahan barang bukti Tindak Pidana Umum dari perkara yang telah berkekuatan hukum tetap dari Pengadilan Negeri (PN) Mukomuko. Kegiatan pemusnahan Barang Bukti (BB) yang dilangsungkan di halaman Kantor Kejari Mukomuko pada Senin (9/12/2019) dipimpin oleh Kepala Kejari Kabupaten Mukomuko, Hendri Antoro.

Hadir dalam kegiatan pemusnahan barang bukti tindak pidana umum ini, yakni Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Mukomuko Novizar Eka Putra mewakili Bupati Mukomuko, Kepala Pengadilan Negeri Mukomuko Nur Kholis, Wakil Ketua I DPRD Mukomuko Nur Salim dan sejumlah perwira kepolisian resor setempat.

Sebelumnya, pada bulan September lalu, Kejaksaan Negri Mukomuko juga sudah melakukan hal serupa. Namun, pada September lalu, banyak pejabat tinggi dari Pemerintah Kabupaten Mukomuko yang hadir dalam kegiatan Pemusnahan barang bukti Tipidum, mulai dari Kepala Dinas bahkan langsung dihadiri oleh Bupati Mukomuko, H. Choirul Huda, SH. Tapi, pada saat Pemusnahan BB Tipidum Senin (9/12/2019), tampaknya, Pemkab Mukomuko hanya mengutus perwakilan untuk menghadiri undangan Kajari Mukomuko pada acara tersebut. Tidak tampak Kepala Dinas yang hadir, hanya beberapa Dinas mengutus perwakilannya, bahkan Bupati juga mengutus Asisten II Setdakab Mukomuko sebagai perwakilan.

"Pak Bupati ada tugas, Wabup dan Sekda juga ada tugas, sehingga tugas untuk menghadiri undangan ini turun ke saya. Pak Bupati juga titip salam untuk semua," sampai Asisten II Setdakab Mukomuko, H. Novizar Eka Putra dalam sambutannya. 

Ketika dikonfirmasi, Novizar mengatakan, ketidak hadiran Bupati pada acara pemusnahan barang bukti Tipidum ini lantaran menghadiri acara senam kesehatan sekaligus deklarasi Stop BAB Sembarangan di Desa Lubuk Bento Kecamatan Pondok Suguh. Acara senam yang diselenggarakan Dinas Kesehatan ini sudah dijadwalkan sebulan yang lalu. 

"Bersamaan dengan undangan Kajari, Bupati sudah dijadwalkan menghadiri undangan pada acara itu. Undangan untuk Bupati dalam kegiatan itu sudah dijadwalkan sejak sebulan yang lalu," ujarnya.

Meskipun tidak dihadiri oleh Bupati dan pejabat tinggi Pemkab lainnya,
kegiatan tetap berjalan lancar. Sejumlah pejabat instansi vertikal dan Pemkab Mukomuko melakukan pemusnahan BB. 

Adapun barang bukti yang dimusnahkan, sebagaimana dipaparkan oleh Kajari saat menyampaikan sambutannya, puluhan BB dari Tipidum yang dimusnahkan dari 15 perkara yang telah berkekuatan tetap, dan berdasarkan keputusan Pengadilan, puluhan BB tersebut disita untuk dimusnahkan. 

"Dan Kejaksaan selaku eksekutor melakukan pemusnahan tersebut," kata Hendri. 

Adapun jenis BB yang dimusnahkan yaitu, dari perkara Narkoba meliputi ganja dan sabu. Kemudian ada senjata tajam yang digunakan dalam perkara pencurian, serta jenis BB lainya dari perkara perjudian, pembunuhan, kehutanan dll.

"Barang bukti yang dimusnahkan hari ini dari 15 tindak pidana umum yang telah inkrach," jelas Kajari.


Kontributor : Mukomuko
Editor : Robianto
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar