default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Ratusan Warga Sumurgeneng Ikuti Studi Banding Ke RU IV Cilacap. Ini Hasilnya

Ratusan Warga Sumurgeneng Ikuti Studi Banding Ke RU IV Cilacap. Ini Hasilnya
Ekonomi
Ratusan warga Desa Sumurgeneng saat berfoto bersama dengan Manager kilang RU IV Cilacap Didik Bahagia
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

TUBAN - Ratusan warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, mengikuti Studi Banding di Kilang Refinery Unit IV Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Hal itu dilakukan untuk memberi pemahaman tentang manfaat keberadaan kilang Cilacap kepada warga ring satu Kilang Tuban.

Lebih dari 200 orang warga desa tersebut mengikuti kunjungan ini. Masyarakat juga turut didampingi Camat Jenu, Maftuchin Riza, anggota Komisi VI DPRD Tuban, Tulus Setyo Utomo, dan perangkat desa setempat.

Manager RU IV Cilacap, Didik Bahagia mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan warga ke Kilang terbesar se Asia itu. Hal ini dilakukan juga untuk percepatan pembangunan kilang Tuban, agar berdirinya kilang Tuban nantinya bisa membantu menurunkan defisit keuangan negara.

"Ketika kita punya kilang di Jawa Timur, otomatis mata pencaharian masyarakat setempat juga akan bertambah," jelasnya saat pemaparan dihadapan ratusan warga Sumurgeneng di Gedung Patra Graha Cilacap. Selasa, (14/01/2020).

Kegiatan seperti ini sebelumnya pernah dilakukan bersama masyarakat Desa Wadung pada akhir November 2019 lalu, dan hasilnya sangat positif, sehingga pembebasan lahan di desa tersebut berjalan mulus, dan telah mencapai 90 persen.

Pria kelahiran Kabupaten Gresik itu menambahkan, RU IV terletak paling selatan pulau jawa, jika Kilang Tuban yang berada utara jawa berdiri, maka akan sangat berdampak bagi perekonomian Jawa Timur, khususnya Kabupaten Tuban sendiri. Hal itu juga dapat dipastikan sumber mata pencaharian masyarakat akan bertambah.

Untuk itu, kegiatan operasional kilang minyak harus didukung oleh masyarakat maupun pemerintah, karena akan sangat menarik tenaga kerja. Mulai dari tingkat Sarjana, Diploma, maupun SMA sederajat.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Pertamina RU IV, pada tahun 2017, perkiraan kebutuhan tenaga kerja proyek mencapai 15 ribu orang, dengan luas lahan kilang eksisting total 368,5 hektar untuk pengembangan kilang dan meningkatkan kapasitas serta kualitas.

"57 persen pekerja di RU IV ini berdomisili di Cilacap, sisanya dari pulau jawa dan luar pulau jawa. Maka saya sangat mendoakan semoga kilang Tuban segera berdiri," harapnya.

Camat Jenu, Maftuchin Riza sangat mengapresiasi kegiatan kunjungan ke RU IV Cilacap ini bersama masyarakat, sehingga warga sendiri mengetahui secara langsung mulai dari tahapan pengadaan lahan sampai kilang berdiri, bahkan dampak positif dan negatif keberadaan pabrik kilang yang ada dilingkungan masyarakat setempat.

"Semuanya sudah disampaikan disini, baik dan buruknya kilang minyak, bahkan penjelasan penanganan apabila ada kondisi darurat, serta multiplayer efek keberadaan kilang pun telah dijelaskan semua," jelas Camat Jenu.

Maka itu diharapkan agar masyarakat dapat benar-benar memahami cita-cita besar negara untuk mewujudkan kemandirian energi nasional. Disisi lain, masih adanya pro dan kontra dikalangan masyarakat, pihaknya tetap akan mengikuti alurnya seperti air mengalir.

"Kita akan kawal terus prosesnya seperti air mengalir. Dan mudah-mudahan niat baik ini dapat tercapai," pungkasnya.

Di informasikan bahwa, dalam kegiatan kunjungan ini juga menghadirkan pembicara dari perwakilan masyarakat yang terdampak kilang Cilacap beserta Camat Cilacap Tengah, Anisa Erma, yang sekaligus memaparkan manfaat positif dan negatif berdirinya RU IV di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.


Kontributor : Achmad Junaidi
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar