default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Ratusan Hektare Sawah di Aceh Timur Terancam Gagal Panen

Ratusan Hektare Sawah di Aceh Timur Terancam Gagal Panen
Peristiwa Daerah
Kondisi padi yang terancam gagal panen akibat kekeringan yang melanda Aceh Timur.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

Aceh Timur — Ratusan hektare sawah di sejumlah kecamatan, Sekabupaten Aceh Timur terancam gagal panen, akibat kekeringan yang melanda daerah tersebut. Jum'at, 17 Januari 2020.

Selain karena sudah lama tidak turun hujan, disejumlah kecamtan tersebut juga belum terealisasikan jaringan gasi ataupun lembung penyimpanan air untuk para petani. 

Sehingga para petani padi tahunan tersebut hanya bisa berharap turunnya hujan dari langit, walaupun padi yang baru berumur 1 bulan tanam sudah hampir mati karena kekeringan. 

"Tidak ada yang bisa dilakukan, sudah hampir dua bulan ini tidak pernah hujan, kita hanya bisa berharap kepada Allah agar cepat diturunkan hujan," ungkap Jailani, salah seorang petani di Kecamatan Idi Timur.

Meski sawah daerah kami sangat luas, namun disini tidak ada irigasi ataupun cadangan air yang tersimpan, sehingga kami tanam padi setahun sekali, itupun juga sempat kekeringan seperti sekarang." tuturNya. 

Jailani berharap kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Timur atau Pemerintah Provinsi Aceh, untuk kedepan dapat mencari solusi kepada mereka para petani, seperti membuat tempat penyimpanan air maupun membangun jaringan irigasi. Sehingga para petani dapat menanam padi dua kali dalam setahun dan meminimalisir gagal panen karena kekeringan.

Adapun sejumlah kecamatan yang mengalami  kekeringan dan padi terancam gagal panen yaitu,  kecamatan Idi Timur, Kecamatan Idi Rayeuk, Kecamatan Peudawa, Darul Aman, Nurussalam, dan Kecamatan Darul Falah. 


Kontributor : Redaksi
Editor : Alfian Nur
Publisher : Arifin
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar