default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Sekda Bondowoso Apresiasi Pelaksanaan Edu Fair 2020

Sekda Bondowoso Apresiasi Pelaksanaan Edu Fair 2020
Peristiwa Daerah
Sekda Syaifullah saat membuka acara edu fair.(Foto: Istimewa).
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

BONDOWOSO - melalui Sekertaris Daerah Syaifullah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso mengapresiasi pelaksanaan Edu Fair 2020 untuk mempertemukan antara dunia perguruan tinggi dan bimbingan belajar dengan peserta didik.

Pameran itu diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Bondowoso untuk memfasilitasi para pelajar SMA sederajat, di Gor Pelita Bondowoso, Senin (20/1/2020).

Sekretaris Daeeah (Sekda) Bondowoso, Syaifullah menyampaikan sangat mengapresiasi terhadap terlaksananya kegiatan ini. Karena, tanpa bantuan APBD, Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) dapat menggelar kegiatan yang bagus dalam memajukan pendidikan di Bondowoso.

"Mudah-mudahan dengan informasi semacam ini, adik-adik kita tidak salah memilih perguruan tinggi," urainya.

Pihaknya mengaku, akan terus berupaya agar putra daerah yang melanjutkan ke pendidikan universitas bisa meningkat hingga 80 persen. Tentu, salah satunya dengan kegitan Edufair.

Di sisi lain, pihaknya juga berencana akan mengajak Mahasiswa asal Bondowoso yang telah kuliah untuk memotivasi pelajar yang duduk di bangku kelas XII agar melanjutkan ke perguruan tinggi.

Sementara Sugeng Sukrisno, Anggota Panitia Kegiatan Edu Fair 2020 menyampaikan, pelajar SMA/SMK di pinggiran disebut hanya 47 persen yang melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

"Jumlah ini lebih rendah dibanding pelajar SMA/SMK yang ada di seputaran kecamatan kota yang sudah mencapai 70 persen," ujarnya.

Dia menerangkan, adanya kondisi itu, sehingga dijadikan dasar untuk menyelenggarakan Edu Fair 2020 yang menjadi ajang Universitas Negeri maupun Swasta untuk mengajak para pelajar melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Bahkan, disebutnya ada 41 perguruan tinggi dari seluruh wilayah Jawa Timur dan Jogjakarta yang turut ambil bagian.

"Sehingga pelajar tidak alan salah pilih dalam memilih kelanjutan pendidikannya. Sehingga kita yang ada di Bondowoso ini yang melanjutkan ke pendidikan tinggi lebih tinggi lagi," kata Guru BK SMK Prajekan itu.

Dilanjutkannya, kegiatan yang hanya dilaksanakan selama sehari, Senin 20 Januari 2020 ini, disambut antusiasi oleh ratusan pelajar dari berbagai wilayah di Bondowoso. Bahkan, bukan hanya pelajar dari SMA/SMK yang ada di kawasan kota, melainkan juga di daerah.

Sementara itu, menurut perwakilan peserta dari SMA 1 Pujer, Riki Rikardo mengatakan, kegiatan ini sangat membantu para siswa untuk memilih perguruan tinggi yang cocok dengan kemampuan yang dimilikinya.

Hal senada juga diungkapkan Desi Wulandari, dari SMA Prajekan, mengaku yang mulanya kebingungan mencari perguruan tinggi yang cocok, namun dengan adanya pameran kampus ini mereka tidak lagi kesusahan.

"Alhamdulilah pameran ini memberikan kami pencerahan yang cukup banyak, tentang kampus dan jurusan yang nantinya akan kita pilih. Intinya kami senang dengan kegiatan seperti ini," tutupnya.


Kontributor : Bahrullah
Editor : Alfian Nur
Publisher : Arifin
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar