default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Akhirnya Kasus Korupsi Pasar Manggisan Tetapkan Satu Tersangka

Akhirnya Kasus Korupsi Pasar Manggisan Tetapkan Satu Tersangka
Peristiwa Nasional
Mantan Kadisperindag Jember saat keluar dari Kejaksaan Negeri Jember.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

JEMBER - Kasus korupsi revitalisasi pasar Manggisan di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember, menyeret mantan Kadisperindag Jember AM sebagai tersangka Korupsi oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember.

Kasi Intel Kejari Jember Agus Budiarto mengatakan, pasar manggisan sudah lama sekali diselidiki dan hari ini sudah ditetapkan satu orang tersangka dengan inisial AM.

"Kita sudah tetapkan siang hari ini bahwa AM sudah jadi tersangka," ujarnya, di Kejaksaan Negeri Jember, Rabu (22/1/2020).

Tersangka AM merupakan mantan Kadisperindag dan saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jember. Agus menjelaskan, tersangka AM berperan sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) yang merevitalisasi 12 di Kabupaten Jember.

Sementara itu, Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Jember Setyo Adhi Wicaksono menyamapikan, AM diperiksa selama 5 jam dan sudah memenuhi bukti maka selanjutnya ditetapkan sebagai tersangka.

"Mulai dari pagi kita periksa sekitar pukul 09.00 pagi sampai siang tadi. Kemudian kita tetapkan tersangka karena sudah memenuhi 2 alat bukti," imbuh Setyo.

Alat bukti yang didapatkan oleh Setyo yakni keterangan saksi dan dokumen yang telah diamankan saat penggeledahan di kantor Disperindag pada 17 Juni 2019 silam.

"Alat buktinya yakni keterangan saksi dan dokumen sudah didapatkan sebelumnya," tuturnya.

Sampai hari ini saksi yang diperiksa mencapai 24 orang baik dari ASN maupun dari pihak swasta yang dirasa mengetahui kasus tersebut. Saat ini tersangka menurutnya, akan dititipkan ke Lapas Kelas II A Jember.

"Sudah kami periksa sebanyak 24 orang dari berbagai kalangan dan tersangka kami titipkan ke Lapas Jember," kata Setyo.

Ia menerangkan, tersangka diduga merugikan negara sebanyak 685 juta rupiah dan kedepan pihaknya juga masih akan menelusuri kasus ini lebih dalam lagi. Dimungkinkan akan ada tersangka lainnya.

"Hari ini baru satu, tetapi tidak menutup kemungkinan ada tersangka lainnya," tegasnya.

Tersangka AM di jerat dengan UU no 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi pasal 2 dan pasal 3 dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun maksimal 20 tahun penjara.

Sebagai informasi, program revitalisasi pasar di Kabupaten Jember merupakan bagian dari 22 Janji Kerja Bupati Jember ditahun 2018 lalu.

Pagu anggarannya mencapai 100 miliar untuk Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jember. Sedangkan untuk revitalisasi pasar Manggisan di Kecamatan Tanggul mendapatkan pagu anggaran mencapai 7,8 miliar.


Kontributor : Julianto Setiawan
Editor : Alfian Nur
Publisher : Arifin
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar