default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Banjir di Probolinggo Rendam Permukiman dan Sawah

Banjir di Probolinggo Rendam Permukiman dan Sawah
Peristiwa Daerah
Luapan Air Sungai Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Merendam Permukiman dan Areal Persawahan, Jumat Sore (07/02/2020).
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

PROBOLINGGO - Banjir merendam permukiman warga dan areal persahawan di Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Jumat sore (07/02/2020).

Banjir terjadi karena hujan deras bersamaan dengan gelombang air laut pasang. Hujan di kawasan itu terjadi sejak pukul 13.30-17.00 WIB. Tingginya debit air di sungai setempat, membuat air meluap.

Warga setempat, Arofik, menyebutkan di Dusun Jaringan dan Sumberan Desa Bayeman dan sebagian Desa Dungun, lebih dari 4 hektar sawah terendam banjir. 

"Hujan derasnya sekitar dua jam. Tapi air sungai ini juga kiriman dari daerah Lumbang. Berbarengan dengan gelombang air laut pasang, jadinya meluap," katanya saat memantau ketinggian banjir di pinggir sungai.

Sementara menurut Agus, korban banjir warga Desa Bayeman, air sempat masuk ke rumah-rumah warga yang berada di dekat aliran sungai

"Tadi pertama kali tingginya satu meter, sekarang berangsur surut mas," ujarnya

Banjir tersebut, sambung Agus, tiba-tiba masuk ke rumah-rumah warga, setelah melewati area persawahan di sekitar pinggiran sungai.

"Itu di depan kita sungai mas. Airnya sudah sama tingginya dengan sawah," imbuhnya.

Warga lainnya menceritakan tidak hanya terjadi hujan deras, tetapi disertai angin kencang.

Petugas Tim Respon Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Probolinggo, langsung mendatangi lokasi sesaat mendapat laporan banjir dari warga.


Kontributor : Luthfi Hidayat
Editor : Imam Hairon
Publisher : Arifin
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar