default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

HARI PERS NASIONAL Sinergi Pers dan Penyelenggara Sukseskan Pemilu

HARI PERS NASIONAL Sinergi Pers dan Penyelenggara Sukseskan Pemilu
Peristiwa Nasional
Ketua KPU Lamongan Makhrus Ali
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

LAMONGAN - Ketua KPU Kabupaten Lamongan Mahrus Ali mengatakan, Pemilu 2019 kemarin dan Pemilihan 2020 yang akan datang bukan sekedar tugas dan tanggungjawab lembaga penyelengara pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta DKPP.

"Namun peran pers untuk mengawal jalannya proses Pemilihan dan Pemilu tersebut sangat luar biasa," ujar pria yang akrab disapa Mahrus ini, Minggu, (9/2).

Setiap tahapan Pemilu, sambung Mahrus, pers mempunyai peranan penting dan strategis dalam menyebarkan informasi secara akurat dan berimbang kepada masyarakat luas. 

"Peran pers sangat besar dalam mengkampanyekan setiap tahapan Pemilu, selain mengandalkan metode sosialisasi tatap muka, alat peraga sosialisasi (spanduk, banner, pamflet, leaflet), media sosial (facebook, instagram, WhatAps, Twitter, line, skype, email)," tegasnya

Pada momen Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Mahrus berharap kerjasama pers dalam pelaksanaan tahapan Pilkada 2020. Tujuannya agar tepat sasaran, sehingga masyarakat paham dan mengerti maksud dan tujuan yang disampaikan dalam setiap tahapan penyelenggara pemilu.

Selain itu, pers juga berperan menunjukkan sikap dengan mengawal dan memberitakan Pemilu, seperti dari segi regulasi, kelembagaan penyelenggara, pengawas dan pemantau Pemilihan dan Pemilu, juga lembaga survei, hingga pemilih. 


"Selanjutnya, visi, misi, program kerja paslon juga menarik, tapi harus tetap menjaga independen," urainnya


Pers juga berperan aktif mengawal proses pelaksanaan tahapan kampanye, verifikasi data pemilih, penggunaan hak suara dan penghitungan kertas suara hingga pelantikan calon terpilih. Penyelenggara Pilkada dan Pemilu tidak akan pernah luput dari pengawasan pers supaya dituntut bersikap profesional dalam bertugas. 

"Peran pers bukan saja sebagai penyebar informasi dan memberikan pendidikan dalam Pemilihan dan Pemilu. Justru terkadang pers dijadikan inspirasi oleh pemangku kekuasaan dalam mengambil langkah yang strategis dan siginifikan," terangnya 


Mkhrus berpesan agar pers selalu dijaga independensinya dan ditingkatkan ke akuratannya demi kepentingan nasional.

"Semakin efektifnya informasi yang disebarluaskan pers, diyakini kuat akan menumbuhkan rasa peduli dan sadar dari masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif dalam pemilu. Sedangkan dampaknya akan semakin baik tingkat partisipasi pemilih setiap Pilkada dan Pemilu," paparnya

KPU selaku penyelenggara teknis pemilihan dan Pemilu harus bertugas sesuai petunjuk yang diperintahkan UU, Bawaslu, PKPU, Kepmen dan PP yang berlaku.

Selain itu, lembaga penyelenggara Pemilu harus menjaga sikap netralitas dan integritas. Bahkan setiap bertindak selalu mengedepankan sikap profesional, berimbang dan berlandaskan aturan-aturan secara tegas tanpa tebang pilih. 

Pers berperan dalam mengawal pemilihan dan Pemilu yang Demokratis. Semoga, kekompakan semua elemen dalam mengawal Pemilihan 2020 nanti bisa menghasilkan pemilihan yang demokratis dan bermartabat di negeri Serumpun Sebalai tercinta.


Kontributor : M Nur Ali Zulfikar
Editor : Imam Hairon
Publisher : Arifin
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar