default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

KPU Lamongan Kecolongan, Diduga Masih Ada Calon PPK Yang Ikut Parpol

KPU Lamongan Kecolongan, Diduga Masih Ada Calon PPK Yang Ikut Parpol
Politik
Ahmad Rois Al Abror menyerahkan berkas aduan ke KPU Lamongan
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

LAMONGAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan dianggap masih saja kecolongan. Sehingga ada calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang menjadi anggota Partai Politik (Parpol), namun lolos seluruh tahapan seleksi.

Bahkan, ironisnya calon tersebut masuk 10 besar, dan ada yang peringkat lima besar yang notabennya menjadi calon terpilih diduga terlibat menjadi anggota Parpol.


Ahmad Rois Al-Abror, masyarakat yang melaporkan temuan dugaan calon PPK yang terlibat menjadi anggota Parpol, saat menyerahkan laporan atau aduan ke KPU Lamongan, Jum'at (21/2) sore.


"Saya melihat ada calon anggota PPK yang pernah mengikuti pelatihan pengkaderan di sebuah partai politik tertentu. Jika temuan kami ini benar, maka KPU kecolongan dan tidak serius dalam melaksanakan seleksi," ujarnya 

Dalam AD ART partai tersebut pasal 14 ayat 1 jelas disebutkan, bahwa anggota partai adalah anggota biasa partai yang telah mengikuti pelatihan, pendidikan dan pembinaan yang dilaksanakan oleh Partai. Itu sudah sangat jelas, bahwa yang bersangkutan masuk dalam kategori anggota partai," sambungnya

Menanggapi aduan tersebut Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali menjelaskan, pihaknya sudah melakukan mekanisme seleksi sesuai tahapan yang ada dalam peraturan. 

"Dalam mekanisme rekrutmen setiap tahap kan ada sesi tanggapan masyarakat, dimana ini memberi kesempatan kepada semua masyarakat untuk turut serta mengawal dengan melalui tanggapan yang disertai identitas dan bukti cukup," jelasnya 

Terkait aduan yang sudah masuk, Mahrus mengaku sudah melakukan disposisi dan setelah hari terakhir tanggapan, akan segera di jadwal klarifikasi kepada yang diadukan.

"Sebelumnya sudah lakukan enteri secara manual dalam mensingkronkan data calon. Dan kami akan tetap mengkonfirmasi data- data dari yang ada di masyarakat luas. Bahkan yang dar parpol dan yang sudah dua periode berturut turut menjadi PPK, dilakukan sonding data dan bukti," pungkasnya

Berdasarkan hasil penelusuran jurnalis suaraindonesia.co.id melalui website infopemilu KPU Republik Indonesia ditemukan SK Parpol yang menyebutkan calon anggota PPK masuk kedalam pengurus. 

Diantaranya ada nama I'id Fitrayani calon anggota PPK Bluluk urutan 4 besar dan Sigit Bagus Riyanmoko calon anggota PPK Babat nomor urutan 6 besar yang masuk menjadi pengurus Partai Demokrat. Serta ada bukti foto pengkaderan di PDI Perjuangan yang pernah di ikuti calon anggota PPK Solokuro urutan 3 besar atas nama Ni'matul Khoiroh.

Namun tim redaksi masih menunggu hasil klarifikasi yang dilakukan pihak KPU Lamongan terkait kebenaran nama-nama tersebut menjadi anggota Parpol. Mengingat masih ada kemungkinan hanya ada kesamaan nama saja.


Kontributor : M Nur Ali Zulfikar
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar