Polisi Sebut CCTV Dishub Gresik Sering Mati, Begini Dampaknya

Polisi Sebut CCTV Dishub Gresik Sering Mati, Begini Dampaknya
Peristiwa Daerah
Cctv yang terpasang di simpang lima Sukorame, Kabupaten Gresik

GRESIK - Banyak kasus kejahatan di Kabupaten Gresik, Jaw Timur yang berhasil terungkap karena jejaknya terekam Closed Circuit Television (CCTV). Baik yang terpasang di toko modern, maupun CCTB yang terpasang di jalan raya.

Namun, belakangan ini kepolisian resort gresik mengaku kesulitan mendapatkan hasil rekaman CCTV yang terpasang di sejumlah jalan raya. Karena CCTV milik Dinas Perhubungan kerap mati.

Jika CCTV milik Dishub Gresik mati, dampaknya proses penyelidikan kasus kejahatan bakal terbengkalai. Sebab, pelaku dipastikan akan melewati salah satu jalur yang dipasangi CCTV.

"Saat kami koordinasi untuk minta hasil rekaman CCTV ke Dishub katanya CCTV sedang mati," ujar Kanit Pidana Umum (Pidum) Satreskrim Polres Gresik Ipda Daniel, Senin (24/2/2020). 

Dia mengatakan, keberadaan CCTV yang terpasang di jalan raya sangat penting. Menjadi salah satu petunjuk untuk mengungkap kasus kejahatan yang terjadi di gresik.

"Kami tidak tahu matinya CCTV itu karena apa. Yang jelas kami sering koordinasi dengan Dishub. Tetapi jawabannya sama. CCTV sedang mati," imbuhnya.

Disebutkan, beberapa hari lalu di wilayah gresik disatroni maling. Dua kendaraan sepeda motor hilang. Untuk mencari petunjuk larinya pelaku hanya bisa lewat CCTV, "Ini sedang kami koordinasi lagi dengan pihak Dishub," ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik Nanang Setiawan tidak menampik bahwa CCTV yang ada dibawah kendali instansinya pernah mati. 

Penyebabnya, terdampak pembangunan Tol KLBM. Sehingga jaringannya mati. "Iya dua kali mati karena terkena alat berat pembangunan tol KLMB," kata Nanang, Senin (24/2/2020).

Namun, masalah tersebut sudah berhasil diatasi. Sehingga pihaknya memastikan jika semua CCTV yang terpasang sudah berfungsi kembali normal. 

Nanang menyebutkan, terdapat lebih dari 9 titik yang terpasang CCTV. Diantaranya, perbatasan Gresik - Surabaya dekat nipont paint, kemudian di Sentolang dan GNI, simpang lima Sukorame.

Selanjutnya, simpang empat kebomas, simpang empat jl siti fatimah binti maimun, simpang tiga GKB, simpang tiga Masjid Agung dan pos polisi Bunder.

Pihaknya memastikan sekarang seluruh CCTV yang dibawah kendali Dishub sudah kembali normal. "Sekarang sudah normal," pungkasnya.


Kontributor : Syaifuddin Anam
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar