default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Sebanyak 34 Ribu Warga Gresik Belum E-KTP

Sebanyak 34 Ribu Warga Gresik Belum E-KTP
Peristiwa Daerah
Proses pelayanan E-KTP di Kantor Dispendukcapil Gresik
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

GRESIK - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) bergerak cepat menyelesaikan pekerjaan rumah (PR). Sebab, masih puluhan ribu warga Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang belum memiliki E-KTP.

Mereka hanya memegang surat keterangan (Suket). Untuk menuntaskan masalah tersebut, Dispendukcapil menarik seluruh mesin yang ada di kecamatan-kecamatan. 

Semua mesin dioperasikan di Kantor Dispendukcapil. Tidak hanya mesin saja. Seluruh pegawai yang bertugas mengoperasikan juga ditarik. Karena ditarget hingga Maret mendatang seluruh warga gresik harus ber E-KTP.

Kepala Dispendukcapil Khusaini Mustas menjelaskan, memang hingga saat ini ada 34 ribu warga gresik yang masih memegang Suket. "Target kami hingga tanggal 10 Maret nanti sudah tuntas. Tidak ada lagi warga yang memegang suket," ujarnya.

Dia mengatakan, untuk sementara waktu masyarakat yang akan mengurus E-KTP harus datang ke kantor Dispendukcapil.

Dijelaskan, dalam sehari proses percetakan E-KTP dilakukan hingga larut malam. Kemarin saja misalnya, dalam sehari telah mencetak 2.900 E-KTP. "Tergantung koneksinya, kalau lancar yang pasti banyak," imbuhnya.

Terkait data ganda, lanjut Khusaini masih belum tuntas sepenuhnya. Padahal, pihaknya sudah melakukan jemput bola dengan mengirim surat ke masing-masing warga. Jumlahnya mencapai 48 ribu.

Namun, banyak yang tidak merespon hal itu. Hingga sekarang hanya sekitar 30 persen yang melapor ke kantor. Seperti ada kesalahan nama di Kartu Kelurga (KK). 

"Kalau gak butuh warga tidak akan mengurus. Tapi kalau butuh minta selesai cepat. Harapan kami yang datanya ganda segera diurus supaya tidak ada kendala dikemudian hari," pungkasnya.


Kontributor : Syaifuddin Anam
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar