default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

DPRD Kubar Soroti Truck Pengangkut TBS Melebihi Kapasitas

DPRD Kubar Soroti Truck Pengangkut TBS Melebihi Kapasitas
Peristiwa Daerah
Nampak sebuah truck pengangkut TBS terbalik akibat tak mampu menaiki gunung jagan kecil Linggang Mapan 
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

KUTAI BARAT – Kendaraan truck pengangkut sawit bermuatan Tandan Buah Segar (TBS) menjadi sorotan masyarakat di Kaupaten Kutai Barat (Kubar), hal tersebut dinilai sebagai penyumbang terbesar beberapa ruas jalan menjadi hancur dalam waktu singkat.

Sorotan itu tidak hanya datang dari masyarakat, melainkan Anggota Komisi III DPRD Kubar HM Zainuddin Thaib, turut menyoroti kendaraan truck pengangkut TBS tersebut yang bermuatan melebihi kapasitas bebas melintas di siang hari mapun malam.

“Pasalnya kendaraan angkutan bertonase tinggi tersebut kerap mengalami insiden terbalik saat tak mampu mendaki gunung maupun saat melintas di tingkungan yang melebihi kapasitas muatan sehingga TBS yang diangkut berserakan di tengah jalan. Ini sangat membahayakan masyarakat pelintas,” ungkap HM Zainuddin.

Ketua DPD Golkar Kubar tersebut meminta Satlantas bersama Dishub untuk segera menertibkan truck pengangkut TBS yang melebihi kapasitas muatan. 
"Harus ditertibkan, agar perusahaan angkutan kendaraan tidak melebihi muatan sebelum mengangkut TBS tersebut," tegas H Udin panggilan akrabnya.

Sementara Saparudin, warga Kecamatan Barong Tongkok menegaskan, Instansi maupun dinas terkait harus membuat kebijakan dengan mengirimkan surat himbaun kepada perusahaan penyediaan TBS agar truck pengangkut tidak memuat melebihi kapasitas.

"Paling tidak sebelum para sopir truck mengemudikan kendaaraannya yang bermuatan TBS, mendapat surat jalan dari Satlantas maupun pihak yang berwenang. Jadi ada surat pertanggungjawaban apabila (muatan) melebihi batas maksimal mereka siap ditilang," kata Saparudin saat ditemui di ruas jalan Gunung Jagan Kecil Linggang Mapan, Kecamatan Linggang Bigung, dilokasi kejadian sebuah truck pengangkut TBS terbalik.

Lanjut dia, memang kewenangan ini pada Dishub bersama Satlantas Polres Kubar untuk menertibkannya sebelum menelan korban bagi masyarakat pelintas lainnya. 
"Sudah kita ketahui kapasitas muatannya sekitar 6-7 ton, tetapi selama ini yang kita lihat, banyak melebihi kapasitas," pungkasnya. (Nur A)


Reporter : Abdul Azis
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar