default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Datang ke Bondowoso, Wagub Emil: Untuk Percepat Relokasi Rumah Korban Banjir di Ijen

Datang ke Bondowoso, Wagub Emil: Untuk Percepat Relokasi Rumah Korban Banjir di Ijen
Birokrasi
Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim) Emil Elestianto Dardak (Tengah) saat foto bersama Bupati Bondowoso dan Fokopimda (FOTO: Bahrullah/Suaraindonesia.co.id)
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

BONDOWOSO- Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim) Emil Elestianto Dardak datang bersama rombongan Pemerintah Provinsi (Pemprov) ke Bondowoso untuk mempercepat relokasi rumah warga yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Ijen. 

Ia juga meninjau langsung dua lokasi desa yang terdampak banjir kedua.

Kunjungan Wagub Emil, bersama Bakorwil, Perhutani Jawa Timur, dan BPBD Provinsi ke lokasi yang terdampak Banjir Bandang di Kecamatan Ijen didampingi langsing oleh Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bachtiar Rahmat.

"Saya diutus ibu Gubernur Khofifah Indar Perawansa, untuk menindaklanjuti pasca banjir kedua yang terjadi di Kecamatan Ijen," Kata Emil Elestianto kepada media di Pendopo Bupati Bondowoso, Rabu (18/3/2020).

Emil mengatakan, terkait kedatangannya, untuk memastikan bagaimana situasi korban yang terdampak banjir bandang kedua dan ingin mempercepat proses relokasi warga. serta ingin meninjau bagaimana kondisi sekolah yang katanya rusak akibat banjir. 

Dia juga mengaku, kedatanganya ke Ijen membawa bantuan untuk para korban banjir. 

"Ini kami lengkap Forkompinda dari Provinsi. Juga ada kepala Bakorwil, Kepala Dinas Kehutanan, dari Perhutani juga. Mudah-mudah rencana relokasi ini cepat selesai. Sehingga, masyarakat tidak perlu resah lagi kalau kejadian banjir ini terulang," ujarnya.

Dia menuturkan, kedatangannya ke Kecamatan Ijen untuk melihat langsung lokasi yang terdampak Banjir atas saran Gubernur.

Katanya, saat ini Gubernur tidak ikut, karena fokus komando langsung terhadap Covid-19 di Surabaya.

"Jangan sampai urusan pemerintahan mandeg. Maka, saya turun langsung untuk mempercepat hal ini. Saat ini Ibu Gubernur Terus memonitor dari Surabaya. Sekaligus dipantau bagaimana perkembangan di lapangan," bebernya.

Dikatakannya, tentunya atas musibah banjir ini pemerintah Jawa Timur sangat prihatin.

"Sudah saatnya pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat. Mungkin memang proses membutuhkan waktu lama, maka kita upayakan untuk dipercepat, kita berharap bisa diakselerasikan terkait pembangunan penanganan banjir ini," terangnya.

Emel menyampaikan, juga akan memperhatikan kondisi di hulu Ijen. 

Dirinya juga telah mengetahuinya, bahwa musibah tersebut merupakan dampak kerusakan hutan akibat kebakaran dan adanya alifung lahan. Namun, masih mau memastikan bagaimana kondisi di hulu yang sebenarnya.

"Apa ada hal yang perlu diperhatikan terkait kelestarian hutan di hulu. Kadang-kadang kalau lihat potongan kayu yang terbawa banjir kemaren ada indikasi Karhutla. Waktu itu saya juga ikut koordinasi pemindahan armada dari Gunung Arjuno ke Ijen. Karena waktu itu Ijen parah. Salah satunya ada erosi di hulu. Itu yang harus kita perhatikan," pungkasnya.

Simak video berikut:


Kontributor : Bahrullah
Editor : Aji Susanto
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar