default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

PWI Jatim Minta Wartawan yang Terlibat di Politik untuk Non Aktif

PWI Jatim Minta Wartawan yang Terlibat di Politik untuk Non Aktif
Peristiwa Nasional
Acara Rakor dan Diskusi Publik yang diselenggarakan oleh waratawan suarajatimpost.com di Hotel Panglima Sampang, Sabtu (8/9/2018)
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

SAMPANG - Untuk menjaga independensi media, wartawan yang terlibat aktif dalam perhelatan politik pemilihan calon legislatif dan presiden tahun 2019 mendatang untuk non aktif sementara.

Pernyataan itu, disampaikan Sekretaris PWI Jawa Timur Eko Pamudji, saat menjadi nara sumber dalam acara diskusi publik yang diadakan wartawan suarajatimpost.com di Hotel Panglima, Sampang Madura, Sabtu (08/09/2018) siang.

Menurut dia, hal itu sudah diatur dalam kebijakan Dewan Pers yang telah dikeluarkan belum lama ini.

"Apapun alasannya, jika wartawan itu terlibat langsung di politik, baik tim sukses atau menjadi calon legislatif dan Presiden hendaknya non aktif sementara," paparnya.

Sampai saat ini, kata dia, khusus anggota yang tergabung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sudah dihimbau terkait persoalan tersebut.

"Semua anggota PWI se-Jawa Timur, sudah kita surati terkait itu. Agar marwah hasil karya jurnalistik benar-benar terjaga," tegas Eko menjelaskan.

Pria lulusan Pasca Sarjana Universitas Airlangga Surabaya yang saat ini juga menjabat menjadi Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jatim ini, mengajak wartawan, untuk mampu menghasilkan karya yang bisa dipertanggungjawabkan.

"Cover both side (berimbang) harus menjadi prioritas. Tidak menjustifikasi, yang paling pokok lagi tidak keluar dari kode etik jurnalistik," tukasnya.

Dalam acara itu, juga ada prosesi penyerahan surat penonaktifan salah seorang wartawan suarajatimpost.com yang bertugas di Sampang, yang saat ini ikut pencalonan dalam bursa calon legislatif.

Hadir dalam acara, Kasat Binmas AKP Heri Darsono, Pasi Intel Kodim 0828 Sampang Suni dan perwakilan Bakesbangpol Sampang Abdur Rahem.


Reporter : Asikin
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar