Ketua LSM Cakrawala Keadilan Nilai Pemkab Lamongan Kurang Serius Tangani Penyebaran Covid 19 di Pantura

Ketua LSM Cakrawala Keadilan Nilai Pemkab Lamongan Kurang Serius Tangani Penyebaran Covid 19 di Pantura
Peristiwa Daerah
Peta penyebaran covid 19 di Pantura Lamongan masih zona putih (sumber: Dinas Kesehatan Lamongan)

LAMONGAN - Ketua LSM Cakrawala Keadilan Hilal Ahmar meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan serius menangani penyebaran virus corona atau covid 19 di wilayah Pantura Lamongan.

"Saya meminta kepada Pemerintah Daerah untuk fokus dan serius kepada daerah Pantura dalam penanganan covid 19," ungkap pria yang akrab disapa Hilal ini, Jum'at (27/3), malam.

Menurut Hilal, wilayah Pantura Lamongan yang terdiri dari Kecamatan Solokuro, Paciran dan Brondong banyak kedatangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang keluar negeri, mudik dari daerah zona merah dan banyak juga truck besar dari daerah zona merah yang singgah di Pantura.

"Semua lewat pantura. Masyarakat khawatir mereka membawa virus corona. Karena masyarakat tidak bisa mendeteksi di warung-warung. Sekali lagi kami memohon kepada pemerintah Daerah secepatnya mengambil langkah turun gunung ke Pantura, menyikapi hal itu," jelasnya 

Hilal menilai pemeriksaan yang dilakukan petugas kesehatan kepada orang dengan resiko (ODR) kurang maksimal dan terkesan asal gugur kewajiban.

"Apa mas. Mereka yang baru pulang dari luar negeri atau daerah zona merah hanya di tes suhu tubuh. Tidak ada pemeriksaan lanjutan yang lebih detail dan canggih. Pemerintah harus lebih serius, jangan asal-asalan dengan urusan yang berhubungan dengan nyawa manusia," tegasnya

"Ayolah pemerintah bertindak cepat ke Pantura. Dengan penyemprotan disinfektan besar-besaran, bagi-bagi masker dan sabun buat cuci tangan," sambungnya

Sementara Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19, Yuhronur Efendi mengaku sudah mendapatkan banyak informasi dari Pantura, namun ia masih perlu melakukan konfirmasi lebih lanjut.

"Ya sudah masuk dilaporan kami, tapi masih perlu chek kebenaranya," terang pria yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan ini.


Kontributor : M Nur Ali Zulfikar
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar