Daniel Rohi Mendesak Perbankan Menjalankan Instruksi Presiden

Daniel Rohi Mendesak Perbankan Menjalankan Instruksi Presiden
Ekonomi
Daniel Rohi anggota DPRD Komisi B Provinsi Jawa Timur dari Fraksi PDI Perjuangan.

SUARA INDONESIA l Kebijakan pemerintah membatasi aktivitas dan mobilisasi masyarakat untuk mencegah dan menghambat penyebaran virus Covid-19 mulai terasa menjadi beban bagi dunia usaha kecil khususnya UMKM dan masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

Dampak dari mewabahnya virus Covid-19 yang merusak segala faktor termasuk faktor ekonomi lanjut kemudian Presiden Joko Widodo mengeluarkan instruksi. 

Sejumlah instruksi kemudahan kepada pelaku di bidang sektor usaha serta masyarakat yang terkena dampak dari wabah Covid-19 dengan memberikan kelonggaran kepada debitur perbankan. Kebijakan tersebut ditransmisikan pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tetapi fakta dilapangan instruksi presiden ini di jalankan oleh pihak perbankan terimplementasi terkesan setengah setengah. Daniel Rohi banyak mendapatkan keluhan dari beberapa pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Di hubungi melalui sambungan seluler oleh Ari Hermawan wartawan Suara Indonesia Anggota DPRD Komisi B Provinsi Jawa Timur dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut mengatakan, pihak perbankan dan lembaga keuangan diminta serius menjalankan dan mendukung arahan kebijakan pemerintah dalam mengantisipasi dampak ekonomi yg disebabkan penyebaran Covid-19 ini.

"Kami meminta kepada pihak perbankan dan lembaga jasa keuangan lainnya untuk memberikan kemudahan prosedur sesuai arahan Presiden. Dampak covid-19 bagi para pelaku usaha kecil menengah kebawah ini begitu sangat dirasakan, tentunya para pelaku usaha ini juga perlu dibantu mengingat terjadi penurunan kemampuan membayar sebagai dampak dari penyebaran Covid-19," jelas Daniel Rohi.

Lebih lanjut Daniel menyampaikan, dengan kondisi seperti ini meminta pihak perbankan memberikan solusi terbaik bagi mereka para pelaku usaha, di antaranya memberikan kesempatan kepada perbankan untuk melakukan restrukturisasi kredit.

"Saya mendesak kepada seluruh Perbankan termasuk dalam hal ini Bank Jatim dan Bank UMKM Jawa Timur, untuk bisa memotivasi para pelaku UMKM, tentunya menjalankan arahan presiden. Sehingga diharapkan mereka termotivasi dan terus tetap bisa menjalankan usahanya," tegas Daniel Rohi.

Diketahui sebelumnya, beberapa waktu yang lalu Presiden Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, mempertegas bahwa pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran selama 1 tahun. Baik kredit perbankan maupun industri keuangan non bank, penundaan cicilan sampai satu tahun hingga penurunan bunga.


Kontributor : Ari Hermawan
Editor : Alfian Nur
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar