default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Puluhan Warga Kutim Dapat Pelayanan Oprerasi Katarak Gratis 

Puluhan Warga Kutim Dapat Pelayanan Oprerasi Katarak Gratis 
Birokrasi
Bupati Kutim H Ismunandar saat meninjau pelaksanaan operasi katarak di Kecamatan Muara Ancalong. (ist/hms)
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

KUTAI TIMUR - Sebanyak 97 warga masyarakat di 5 Kecamatan wilayah pedalaman Kutai Timur (Kutim), yakni Kecamatan Muara Ancalong, Muara Bengkal, Long Mesangat, Batu Ampar dan Busang, mendapat pelayanan gratis operasi katarak. Pelaksanaan bakti sosial para dokter dan tenaga medis ini berlangsung di UGD Puskesmas Muara Ancalong. 

Kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kutim bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (Perdami) Kaltim dan Kaltara tersebutbdilaksanakan usai pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) oleh Bupati Kutim H Ismunandar. 

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan mulia (operasi katarak gratis) ini. Karena manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat kita, khususnya penderita katarak mata," ucap Ismu. 

Dia berharap, kegiatan itu dapat terus dilaksanakan setiap tahun. Karena menurut orang nomor Kutim tersebut, hingga saat ini masih banyak masyarakat Kutim yang membutuhkan operasi katarak.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penyakit, dr Yuwana Sri Kurniawati yang juga Ketua Panitia Pelaksana kegiatan itu menjelaskan, bakti sosial berupa operasi katarak mata kali ini merupakan tahun kedua diselenggarakan Dinkes dan Perdami. 

"Untuk tahun 2018 ini tahap I. Sasaran kita 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Muara Ancalong, Muara Bengkal, Batu Ampar, Long Mesangat dan Busang, yang kita pusatkan di Kecamatan Muara Ancalong," ungkap Yuwana. 

Sedangkan tahap ke II nanti, lanjut Yuwana, akan dilaksanakan pada 18 Oktober mendatang. Rencananya dipusatkan di Sangkulirang. Melibatkan pasien katarak dari Kecamatan Bengalon, Kaliorang, Karangan dan Sandaran dengan target 200 orang. 

"Hari ini kita berhasil mengoperasi 97 pasien, dengan rincian  35 orang dari Muara Ancalong, 30 orang Muara Bengkal, 6 orang Long Mesangat, 12 orang Batu Ampar dan 13 orang dari Busang," ungkap Yuwana.


Reporter : Abdul Azis
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar