Novita: PKK di Trenggalek Harus Ikut Berperan Mencegah Penyebaran Covid-19

Novita: PKK di Trenggalek Harus Ikut Berperan Mencegah Penyebaran Covid-19
Birokrasi
Caption: Novita Hardini Ketua TP PKK Trenggalek

TRENGGALEK - Novita Hardini Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek meminta seluruh stakeholder yang terlibat termasuk Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) bisa ikut berkontribusi dalam mencegah mewabahnya Virus Corona Disease (Covid-19).

Karena PKK terkait erat dengan elemen terkecil dalam kehidupan bermasyarakat, yakni keluarga. Sehingga para ibu-ibu PKK bisa menjelaskan kepada keluarga kecilnya serta lingkungan bahwa cemas bisa menimbulkan stres berlebihan dan itu bisa menurunkan imun pada tubuh.

"Kita berharap peran PKK bisa di optimalkan dalam mencegah dan menanggulangi wabah covid-19 hingga ke tingkat kecamatan dan desa," pinta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek Novita Hardini dalam rapat teleconfrence di Smart Center, Senin (30/3/2020).

Novita istri Bupati Trenggalek itu juga menerangkan bahwa Tim Penggerak PKK harus betul-betul hadir bahkan harus bisa ikut memantau, karena semua juga tahu bahwa keputusan Bupati sudah dinilai cukup baik, karena kebijakan ini betul-betul sangat waspada dan mendisiplinkan diri dalam menjaga siapapun yang masuk dan keluar di wilayah Trenggalek.

Langkah yang di pinta dengan memantau atau memonitoring kegiatan anak-anak sekolah usia dini yang seharusnya belajar di rumah. Agar kegiatan belajar mereka bisa benar-benar berjalan secara efektif dan tidak sekedar libur saja di tengah situasi seperti ini.

"Waspada boleh tapi panik jangan, karena panik bisa menimbulkan semua resiko, apalagi yang lebih membahayakan seperti kosongnya bahan baku kebutuhan pokok di pasar," jelasnya.

Menurut Novita, cemas bisa menimbulkan stres berlebihan dan itu bisa menurunkan imun tubuh kita. Dengan situasi saat ini tugas dari semua adalah berdoa, jaga jarak, bekerja dari rumah dan jangan sampai menggunakan waktu bekerja atau belajar di rumah untuk sekedar membuang waktu secara sia-sia.

Jadi gunakan waktu ini semaksimal mungkin untuk memantau segala hal yang bisa bernilai produktif. Diantaranya adalah sosialisasi secara intensif kepada masyarakat akan bahaya covid-19 dan cara mencegah penyebarannya. ikut secara aktif melakukan pemantauan terhadap berbagai resiko penyebarannya dan screening diri.

"Mereka saat ini sudah sangat siap dan sangat bagus terhadap tugas pokok dan fungsi satgas masing-masing," pungkasnya.


Kontributor : Rudi Yuni
Editor : Alfian Nur
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar