default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

'Tajin Sora' Tradisi Orang Madura di Tahun Baru Hijriyah

'Tajin Sora' Tradisi Orang Madura di Tahun Baru Hijriyah
Kuliner
Kuliner Tajin Sora asal Pamekasan Madura
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60


PAMEKASAN - Pada tahun baru Hijriyah yakni bulan Muharram atau bulan Suro ada kuliner khas yang menjadi bagian tradisi masyarat Pulau Madura, yaitu Bubur Suro atau lebih sering disebut “Tajin Sora".

Bubur suro ini terdiri dari nasi putih dicamour kuah seperti opor dengan lauk yang bervariasi, ada yang berisi lauk daging sapi, udang, ayam dengan taburan bawang goreng, dan kacang tanah goreng.

Pada awal bulan Suro, masyarkat Madura biasanya akan membuat Bubur Suro ini untuk selanjutnya mengirimnya ke tetangga atau saudara dekat.

Sitti Romlah (54), salah seorang warga Kabupaten Pamekasan yang sering membuat tajin sora mengatakan, tradisi mengantarkan tajin sora didasarkan pada kebiasaan pada zaman Nabi Muhammad saat menyambut bulan Muharram.

Konon katanya, pada zaman Nabi Muhammad untuk merayakan Muharram, dikeluarkanlah apa saja yang dimiliki, termasuk sisa-sisa makanan yang masih bisa dimakan untuk dibagikan kepada sanak saudara dan tetangga.

“Kebiasaan ini sudah ada pada masa bubuyutan kami terdahulu. Kebudayaan dan tradisi ini sangatlah dijaga oleh keluarga dan masyarakat lainnya," ujarnya, Selasa (11/9/2018).

Menurut Romlah, kenapa sampai saat ini tradisi ini masih terus dilakukan masyarakat, karena dalam tradisi ini ada unsur keharmonisan antar masyarakat satu dengan masyarakat lainnya. 

“Dalam pembuatannya kami bersama-sama keluarga besar setelah itu kita bagi-bagikan ke tetangga dan ini merupakan wujud dari rasa syukur kepada Allah SWT," jelasnya.

Hubungannya dengan Islam Nusantara pada saat ini adalah kebudayaan ini merupakan tradisi yang sangat dilestarikan oleh masyarakat Madura karena ada unsur perwujudan dari rasa syukur masyarakat kepada sang pencipta yakni Allah SWT. (.)


Reporter : Sohebullah
Editor : Rozi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar