Bupati Probolinggo Ijinkan Salat Idul Fitri di Masjid, Ini Syaratnya

Bupati Probolinggo Ijinkan Salat Idul Fitri di Masjid, Ini Syaratnya
Peristiwa Daerah
Konferensi Pers Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, Terkait Perkembangan Covid-19

PROBOLINGGO - Pelaksanaan Salat Idul Fitri (Ied) di tengah pandemi Covid-19 masih menjadi pro-kontra di masyarakat. 

Polemik yang menjadi perbincangan masyarakat Kabupaten Probolinggo itu, sedikit terjawab setelah Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, memutuskan boleh melaksanakan Salat Ied di Masjid.

Hal itu disampaikan Tantri, pada konferensi pers dengan sejumlah wartawan di Pendopo Kabupaten Probolinggo, Senin (18/05/2020).

Hanya saja pelaksanaan Salat Idul Fitri di Kabupaten Probolinggo harus memenuhi beberapa syarat.

Syarat melakukan Salat Ied berjamaah di Masjid, dikatakan Bupati Tantri, boleh dilakukan pada masjid dimana dalam satu dusun tidak terdapat kasus positif Covid-19 termasuk adanya PDP.

Bagi dusun dengan zona aman itu, tetap diwajibkan menggunakan protokol kesehatan, dalam proses kehadiran masyarakat ke Masjid, termasuk pada penataan Shaf Salat.

"Salat Ied boleh dilakukan di Masjid yang dusunnya tidak ada pasien positif, juga berlaku yang tidak ada kasus PDP.  Protokol kesehatan disini termasuk penataan Shaf Salat, kami merencanakan model zig-zag," kata Tantri.

Pelaksanaan Salat Jamaah di Masjid itu, hanya berlaku khusus Salat Ied. 

Pemkab Probolinggo juga meniadakan tradisi bersalaman usai Salat Ied.

"Kami juga menganjurkan Takmir Masjid untuk tidak mengadakan salaman usai Salat Ied. Khutbah Salat Ied juga telah kami siapkan, agar tidak terlalu panjang dan kami titip sosialisasi Covid-19 ini," imbuh Tantri.

Diakhir sesi konferensi pers, Bupati Probolinggo, meminta masyarakat untuk tidak menyamakan standar pendapatan ekonomi, seperti sebelum terjadi pandemi Covid-19.

"Masyarakat kami minta jangan samakan standar pendapatan seperti sebelum terjadi pandemi Virus Corona. Jika sebelumnya pendapatannya sejuta dan saat ini hanya Rp. 500 ribu, bagaimana caranya itu cukup. Sekarang bisa surfive (Bertahan-Red) itu sudah beruntung," pintanya.


Kontributor : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar