Jembatan Cincim Diperbaiki, Kendaraan Berat Dari Semarang-Surabaya Dialihkan

Jembatan Cincim Diperbaiki,  Kendaraan Berat Dari Semarang-Surabaya Dialihkan
Peristiwa Daerah
Petugas Satlantas Polres Tuban bersama Dinas Perhubungan Tuban saat melakukan pengalihan kendaraan berat ke jalan Daendels, jalur Pantura, Lamongan

TUBAN - Arus lalulintas khusus kendaraan berat di jalur Nasional Pantura Semarang menuju Surabaya yang biasanya melewati Kecamatan Babat, kembali dialihkan ke jalan Daendels, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. 

Pengalihan arus lalulintas, yang dilakukan oleh Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Polres Tuban, bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban, tersebut dilakukan menyusul adanya perbaikan jembatan Cincim, yang berada diperbatasan Kecamatan Widang dan Kecamatan Babat, Lamongan. 

Project Manager PT Galih Sasmita, Surya Firmansyah mengaku jika perbaikan jembatan Cincim lama ini akan segera dilakukan, dan ditargetkan dapat selesai pada 5 Desember 2020.

Tahapan-tahapan perbaikan jembatan Cincim tersebut antara lain, akan dilakukan pembongkaran terlebih dahulu untuk rangka baja dan plat jembatan, kemudian untuk pasangan jembatan akan dilakukan menggunakan launcher sesuai dengan metode pelaksanaan yang telah disiapkan.

"Hari ini telah kita lakukan trial untuk managemen lalulintas, dan mendatangkan alat berat. Semoga nanti setelah ditutup, pekerjaan dapat berjalan sesuai rencana," ungkap Surya kepada suaraindonesia.co.id, Jumat, (18/06/2020). 

Adapun proses perbaikan jembatan sendiri akan dimulai dari sisi Kabupaten Tuban, kemudian dilanjutkan ke sisi dari arah Lamongan, lalu secara simultan atau dikerjakan bersamaan, dan akan segera diselesaikan secara rigid atau pengerasan.

'Semoga tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu kegiatan proyek ini, sehingga pekerjaan ini dapat selesai tepat waktu," harapnya. 

Ditempat terpisah, Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, pengalihan arus lalulintas tersebut sebelumnya telah dilakukan dan bekerjasama dengan Dishub Tuban. Adapun kendaraan berat akan dialihkan ke jalur Daendels, seperti truk muatan dan lainnya. Sedangkan bus AKAP maupun AKDP dari Surabaya menuju Semarang tetap bisa melewati jembatan Cincim.

"Kami juga ikut andil dalam mensosialisasikan dan membantu pelaksanaan kegiatan pengalihan jalan ini," terang Kapolres saat ditemui di Mapolres Tuban. 

Dalam memberitahukan terbaik pengalihan jalur lalulintas tersebut kepada masyarakat maupun pengendara, pihaknya telah memasang sebanyak lima check poin. Hal ini dimaksudkan untuk membantu para pengendara jalan agar tahu jika perbaikan jembatan Cincim ini kembali berlangsung. 

"Dalam mengantisipasi kemacetan, petugas telah memasang banner himbauan maupun sosialisasi jika ada perbaikan jembatan disejumlah titik, terutama di titik rawan kemacetan," terang Kapolres kelahiran Ngawi.

Tak lupa, mantan Kapolres Madiun ini juga menghimbau kepada pengguna jalan agar tetap mematuhi arus lalulintas, dan apabila perbaikan jalan, dapat melintasi jalur yang telah ditentukan.

"Selain membantu proses perbaikan pembangunan jembatan, kami juga berharap agar para penggunaan jalan dapat tertib, sehingga perbaikan jembatan ini dapat berjalan dengan lancar," pungkasnya. 

Simak video berikut:


Kontributor : Achmad Junaidi
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar