Pastikan Aman Virus Corona, Santri Ponpes Al-Haqiqy Krajan Probolinggo Dirapid Tes

Pastikan Aman Virus Corona, Santri Ponpes Al-Haqiqy Krajan Probolinggo Dirapid Tes
Kesehatan
Pesantren Tangguh Covid-19. Rapid Tes Untuk Puluhan Santri Ponpes Al-Haqiqy Krajan, Desa Tandonsentul, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo Dilakukan Tim Medis Puskesmas Kecamatan Lumbang, Selasa (23/06/2020).

PROBOLINGGO - Pondok Pesantren Al-Haqiqy Krajan yang terletak di Desa Tandonsentul, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur merupakan salah satu ponpes yang ditetapkan sebagai Pesantren Tangguh Semeru Covid-19.

Pesantren itu ditetapkan sebagai pesantren tangguh Covid-19, setelah melalui tahapan pemantauan oleh Gugus Tugas Covid-19 dan Kepolisian Resort Probolinggo.

Salah satu upaya pencegahan paparan Covid-19 untuk para santri pesantren tersebut, dengan pemeriksaan Rapid Tes yang digelar secara massal.

Sedikitnya 61 santri putera dan puteri mengikuti rapid tes pada Selasa (23/06/2020). Rapid Tes difasilitasi tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Lumbang. 

Pelaksanaannya dilakukan oleh tim medis Puskesmas Lumbang yang didampingi seluruh jajaran Muspika Kecamatan Lumbang. 

Petugas TNI-Polri dan Camat Lumbang turun langsung memantau jalannya Rapid Tes itu.

Kepala Puskesmas Lumbang, dr. Ria Tjahjandani, mengatakan pesantren tangguh Covid-19 Ponpes Al-Haqiqy Krajan, merupakan replikasi dari terbentuknya kampung tangguh Desa Wonogoro di Kecamatan Lumbang.

Pondok Pesantren dan lembaga pendidikan, kata dr. Ria, merupakan salah satu target pencegahan Covid-19, dari upaya mandiri yang dilakukan masyarakat.

"Pesantren Tangguh ini Replikasi dari Kampung Tangguh Desa Wonogoro. Ini upaya kami mempertahankan zona hijau agar tetap hijau," tandasnya.

Upaya mandiri pihak pesantren dalam melakukan pencegahan Covid-19 terhadap para santri, sebelumnya telah dilakukan agar proses pendidikan pesantren tetap berjalan.

Protokol kesehatan anjuran pemerintah seperti menjaga kebersihan dan kesehatan, memakai masker, menjaga jarak saat proses belajar mengajar, hingga menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dilakukan pihak pesantren untuk menjamin keamanan dan kesehatan para santri dari paparan Covid-19.

"Ikhtiar menjaga para santri tetap aman dari paparan Covid-19 terus kami lakukan. Karena ini merupakan salah satu tugas pokok dari pesantren, untuk menggolkan program pemerintah yang bebas dari Covid-19," jelas Pengasuh Ponpes Al-Haqiqy Krajan, K. Wildan Mahbubul Haq.

Selain untuk menjamin santri terbebas dari paparan Covid-19, keberadaan pesantren tangguh Covid-19 ini juga untuk mengajak seluruh masyarakat sekitar pesantren, agar saling peduli, bertanggung jawab dan saling menjaga dalam upaya mencegah paparan Virus Corona, dengan upaya mandiri dan inovatif dari masyarakat.

Simak video berikut:


Kontributor : Lutfi Hidayat
Editor : Chandra Kirana
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar