Mengenal Lebih Dekat Abdul Rouf, Kiai Kharismatik Calon Wakil Bupati Lamongan

Mengenal Lebih Dekat Abdul Rouf, Kiai Kharismatik Calon Wakil Bupati Lamongan
Peristiwa Daerah
KH. Abdul Rouf dua dari kiri, saat mendampingi Yuhronur Efendi menghadiri Musda DPD Partai Golkar Lamongan

LAMONGAN - Mungkin belum banyak yang mengenal sosok KH. Abdul Rouf. Sosok kiai kharismatik yang pernah menjabat sebagai Katib Syuriah PC Nahdhatul Ulama Kabupaten Lamongan yang kini ikut mencalonkan diri menjadi wakil bupati mendampingi Yuhronur Efendi dalam Pilkada serentak yang akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang.

Putra dari KH. M. Asyiqin Ghozali ini banyak menghabiskan waktunya sebagai pendidik dan ulama. Mulai dari guru di MTs Putra Putri Lamongan, Guru MA Pembangunan Lamongan, Guru SMA Darul Ulum Medali Sugio, Guru MA Hidayatul Ummah Pringgoboyo, Maduran, Dosen Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) Lamongan, Dosen Universitas Islam Lamongan (Unisla) dan saat ini menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Miftaqul Qulub Lamongan. 

Tidak hanya mumpuni menjadi pendidik dan ulama. KH. Abdul Rouf juga dikenal sebagai organisatoris yang ulung di lingkungan Nahdhatul Ulama (NU) dan organisasi kemasyarakatan lainnya. 

Terbukti Kiai Rouf panggilan KH. Abdul Rouf pernah menjabat sebagai Ketua PC IPNU Kabupaten Lamongan. Wakil Sekretaris GP Ansor Kabupaten Lamongan, Ketua Lembaga Dakwah NU Cabang Lamongan, Katib Syuriah PCNU Kabupaten Lamongan dan Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Lamongan.

Jiwa ulama dan nasionalis yang tinggi juga mengantarkan Kiai Rouf menjadi Mudir Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (Jatman) Kabupaten Lamongan selama dua periode. Rois Jamiyah Ahli Thoriqoh Al Mu'tabaroh Kabupaten Lamongan, Sekretaris Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Kabupaten Lamongan. 

Selain itu juga sebagai pengurus Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Lamongan, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lamongan, Pengurus sekaligus anggota Pleno MUI Kabupaten Lamongan. Tidak banyak yang tau juga bahwa Kiai Rouf juga pernah menjabat Wakil Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Lamongan.

Kiai Rouf menamatkan pendidikan hampir sebagian besar di sekolah jurusan keagamaan. Mulai dari SD Negeri Kepatihan, MTs Negeri Lamongan, MAN Bojonegoro, IAIN Sunan Ampel Surabaya dan S2 Magister Ilmu Agama Islam di Unisla Lamongan.

Ilham, Ketua Tim Media Pasangan Yuhronur Efendi - KH. Abdul Rouf mengatakan bahwa, alasan utama kiai Rouf dipilih menjadi Calon Wakil Bupati, selain sebagai ulama yang kharismatik beliau juga merupakan pendidik dan organisatoris yang sangat mumpuni.

"Dari riwayat hidup beliau yang lengkap itulah, hingga membuat pak Yuhronur kepincut dan menjadikannya sebagai pasangan untuk memenangkan Pilkada Lamongan 2020 ini," ujar Alumnus Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta ini, Senin (13/7/2020), siang.


Kontributor : M Nur Ali Zulfikar
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar