Kapolsek Palengaan Pamekasan Beri Wawasan Nusantara Santri Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata

Kapolsek Palengaan Pamekasan Beri Wawasan Nusantara Santri Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata
Peristiwa Daerah
Kapolsek Palengaan Iptu Sri Sugiarto saat menyampaikan materi Wawasan Nusantara pada santri ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata. (Dok. Humas Polres)

PAMEKASAN- Dalam rangka memberikan wawasan nusantara kepada kepada santri Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata di Desa Panaan Kecamatan Palengaan Pamekasan, Kapolsek Palengaan Iptu Sri Sugiarto menyampaikan materi bela negara, Senin (13/07/2020).

Kapolsek Palengaan menyampaikan, bahwa penyampaian materi tersebut dalam rangka memberikan pondasi agar santri berjiwa patriotik dan nasionalis.

"Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara yang seutuhnya," ucapnya.

Kapolsek menjelaskan, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang.

"Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara," terangnya.

Ditambahkan Kapolsek, nilai-nilai bela negara adalah cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara.

"Sebagai salah satu contoh bagi para santri di pondok ini diantaranya belajar dengan rajin, melestarikan budaya, taat kepada hukum dan aturan yang ada di pondok, maupun aturan hukum yang ada dan mencintai produk-produk Indonesia dan banyak lagi yang lainnya," pungkasnya.


Kontributor : Chandra Kirana
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar