default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Festival 'Karang Kene' Situbondo akan Maksimalkan Potensi Seniman Lokal

Festival 'Karang Kene' Situbondo akan Maksimalkan Potensi Seniman Lokal
Seni Budaya
Warga Desa Olean antusias berlatih tari sebagai tuan rumah Festival Karang Kene' yang akan dihelat bulan ini.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

SITUBONDO - Pelaku seni lokal maupun masyarakat setempat dinilai seringkali tidak maksimal dilibatkan dalam perhelatan Festival Kebudayaan di Situbondo, sebagaimana diungkapkan koreografer tari gaek, Hosnatun, Jumat (16/11/2018).

"Seringkali seniman-seniman yang seharusnya muncul dari lokasi diselenggarakannya kegiatan kebudayaan, tidak maksimal diminta tampil. Mereka cenderung jadi penonton. Padahal mereka punya bakat terpendam yang bisa sedikit dipoles untuk bisa tampil," ucap Hosnatun.

"Saya miris dengan keadaan ini, sehingga saya pun terpanggil memenuhi harapan pihak Pemerintah Desa Olean untuk melatih tari bagi warga dalam rangka menggelar Festival Karang Kene' yang dijadwalkan digelar tanggal 25 November ini. Apalagi saya lihat antusiasme masyarakat luar biasa untuk belajar tari dan karawitan," imbuh Hosnatun.

Sementara dari perwakilan Ibu PKK, Sri Puji Astutik mengatakan harapan yang sama terkait keterlibatan warga secara maksimal untuk tampil berkesenian.

"Saya dan warga di sini tentunya ingin tahu menari sendiri walaupun pemula. Jadi kalau mengundang tari-tari dari luar kan tidak merasakan hasilnya. Jika sudah selesai ya sudah, tidak memiliki apa-apa dan saya cari pelatih yang mau mencetak penari-penari baru walau belum maksimal," ujarnya. 

"Yang penting bisa punya rasa memiliki dan bisa membuat tari yang berfilosofi.  Jadi itu yang kami inginkan," ungkap Sri didampingi Kepala Dusun Karang Kene' Darsuki, Ketua RW Suares dan Ketua RT Purnomo di tempat latihan. (Irwan Rakhday)


Reporter : Situbondo
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar