default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Gamelan Nyai Laras Ayu Purwo Kencono Diresmikan oleh Kadisbupar Kota Malang 

Gamelan Nyai Laras Ayu Purwo Kencono Diresmikan oleh Kadisbupar Kota Malang 
Seni Budaya
Kadisbupar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni bersama para seniman dan budayawan berpose bersama sebelum memandikan Gamelan Nyai Laras Ayu Purwo Kencono
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

MALANG - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, SH. M. Si meresmikan langsung seperangkat alat Gamelan di halaman museum Mpu Purwa Kota Malang, Sabtu (12/01/2019). 

Peresmian yang dihadiri oleh para seniman dan para budayawan tersebut berlangsung sederhana namun khidmat. 

Melalui prosesi menggendong para seniman dengan simbolik mempergunakan kain selendang, suasana sedikit sakral sebagaimana dirasakan oleh yang hadir. 

Dalam sambutan singkatnya, Kadisbupar mengucapkan terimakasih kepada pihak Pemkot Malang, karena seperangkat alat musik tradisional Gamelan yang diberi nama Nyai Laras Ayu Purwo Kencono di lingkungan dinasnya itu bisa menambah manfaat seni pada ruang budaya.

"Berkat dukungan Wali Kota Malang, Bapak Sutiaji dan Sekda, hari ini kita bisa bersama hadir di museum Mpu Purwo untuk peresmian seperangkat alat musik tradisional," ujar Kadisbupar.

"Tepatnya hari Sabtu Pahing, yang dalam hitungan wuku delapan belas (18), Maka Gamelan ini kita beri nama Nyai Laras Ayu Purwo Kencono," jelas wanita ayu yang akrab dengan panggilan Ida Ayu itu. 

Peresmian tersebut juga diakhiri dengan doa oleh seniman topeng Malangan, Soeroso dilanjut dengan ramah tamah . Perlu diketahui, bahwa seperangkat alat Gamelan Nyai Laras Ayu Purwo Kencono tersebut langsung dilaras bunyikan atau ditabuh oleh para seniman muda Karawitan. (galih)


Kontributor :
Editor : Abdur Rozi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar