default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Angka Kecelakaan Turun Hingga 50%, Ini Ternyata yang Dilakukan Satlantas Polres Kutim

Angka Kecelakaan Turun Hingga 50%, Ini Ternyata yang Dilakukan Satlantas Polres Kutim
Peristiwa Daerah
Ilustrasi
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

KUTAI TIMUR - Optimalkan sosialisasi dan juga pemasangan berbagai bentuk peringatan untuk menjaga keselamatan berkendara disinyalir menjadi faktor utama menurunnya angka laka lantas di Kutim di tahun 2018.

Dari rilis data yang disampaikan Kasatlantas Akp Eko Budiyatno melalui Kanit Laka Satlantas Polres Kutim Iptu Totok Pujo Polres Kutim diperoleh data yang mengejutkan pasalnya dibanding tahun 2017 lalu, angka kecelakaan lalu lintas turun lebih dari 50% di tahun 2018.

"Di tahun 2017 total kejadian laka sebanyak 71 dengan kejadian terbanyak yaitu 30 laka di bulan Oktober. Namum di tahun 2018 total kejadian laka hanya 37 dan terbanyak hanya 7 laka di bulan Januari 2018," jelasnya saat ditemui di Makolantas. Sabtu (26/01/2019)

Dirinya juga menyebutkan dalam kejadian laka di Kutim baik di tahun 2017 dan 2018 rata-rata korban dan pelaku laka adalah remaja atau pelajar. Bahkan dari data yang pihaknya miliki di dominasi oleh kendaraan bermotor roda dua.

Menurutnya untuk menekan angka kecelakaan selain memasangan banner dan sosialisasi tentang keselamatan berkendara yang terbukti mampu menurunkan angka kecelakaan di tahun 2018.

Bahkan tahun 2019 ini Satlantas telah menurunkan unitnya sampai ke jalan jalan desa untuk melakukan penertiban pengendara bermotor sebagai salah satu cara preventif menekan laka terutama untuk pelajar dan anak dibawah umur.

"Berkurangnya jumlah laka di tahun 2018  membuktikan efektifnya sosialisasi serta edukasi Satlantas kepada masyarakat tentang safety riding. Selain itu, patroli anggota sudah dioptimalkan sampai ke jalanan desa untuk melakukan penertiban," katanya.

Pihaknya menghimbau, masyarakat Kutai Timur untuk terus menaati tata tertib dan peraturan berlalu lintas saat menggunakan kendaraan bermotor.

"Terutama di daerah rawan kecelakaan seperti di simpang tiga ataupun lokasi lainnya yang sering terjadi kecelakaan akibat pengendara tidak mengindahkan rambu-rambu maupun tata tertib berlalu lintas," imbauannya.


Kontributor : Kutai Timur
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar