default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Abstraksi Tri Dharma Perguruan Tinggi Terhadap Mahasiswa Masa Kini

Abstraksi Tri Dharma Perguruan Tinggi Terhadap Mahasiswa Masa Kini
Suara Pembaca
Anisa
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

Oleh : Anisa

(Ekonomi Universitas Wiraraja, Kader PMII Unija)

Mahasiswa merupakan status yang melekat pada setiap oknum yang berada dalam ruang lingkup akademika tinggi. Dalam hal ini peran yang pada dasarmya hanya menjadi penerima materi yang disampaikan oleh guru, tidak lagi teraplikasi. Pergeseran peran yang sangat konkrit disini menciptakan dunia baru bagi mahasiswa. Dunia akademika tinggi ini, mendorong oknum-oknum baru didalamnya untuk menjadi individu yang mandiri dengan merevolusi paradigma sistem pengajaran yang di terapkan. Hal ini telah tercermin dalam tri dharma perguruan tinggi.

Seiring dengan bergulirnya masa yang tidak dapat dihentikan, telah membawa mahasiswa pada dunia yang semakin kompleks. Dimana, revolusi lingkungan akademik menjadi salah satu revolusi moral dan pola pikir bagi mahasiswa, dengan berdasarkan tri dharma perguruan tinggi yang dianut sebagai asas perguruan tinggi menjadi suatu sarana pembentuk individu yang mampu menjadi personal yang berintelektual.

Di era transitoir ini, peran mahasiswa sebagaimana yang termaktub dalam tridharma perguruan tinggi hanya menjadi simbol bagi mahasiswa. Dengan perkembangan masa yang semakin pesat dan suksesnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi gerak utama, membuat mahasiswa saat ini semakin hilang arah dan kehilangan jati diri mahasiswa secara hakiki. Substansial mahasiswa terabstrakkan dengan paradigma baru pada tiap-tiap mahasiswa.

Hilangnya identitas mahasiswa menjadi suatu polemik besar dalam kemajuan bangsa dan negara. Mahasiswa pada abad ini tidak mampu menyerap substansial asas tri dharma perguruan tinggi, melainkan instansi akademika tinggi hanya menjadi suatu tempat yang membedakannya dengan anak tani yang tidak mampu menembus akademika tinggi.

Krisis ideologi yang tersebar pada tiap mahasiswa menjadikan persepsi mahasiswa kabur terhadap status dan perannya. Realita menkonkritkan bahwa mahasiswa abad ini hanya tinggal sebuah nama. Simbol dan hakikat mahasiswa mengalami kemerosotan secara drastis.

Perbandingan mahasiswa saat ini dengan mahasiswa abad sebelumnya terdapat perbedaan yang sangat tajam, rasa patriotisme mahasiswa abad ini hanya menjadi label yang diagungkan. aplikasi nyata terhadap kesadaran peran dan tanggung jawab hanyalah mimpi buruk bagi generasi saat ini.

Problematika ini menjadi suatu hal yang harus dihilangkan. Persepsi yang menyimpang sehingga mengkaburkan makna tri dharma perguruan tinggi harus dihilangkan. Indonesia saat ini tidak butuh kepada mereka yang berintelektual akan tetapi tanggung jawab sebagai mahasiswa tidak terlaksana. Mahasiswa adalah pencipta revolusi, bukan oknum yang harus terprovokasi. Perguruan tinggi bukanlah suatu instansi yang hanya sebagai pelayanan materi, akan tetapi ada organ mahasiswa yang perlu diikuti.

Indonesia butuh kepada mahasiswa yang bertanggung jawab, dan mampu menjalankan tridharma perguruan tinggi. Generasi saat ini adalah tonggak bagi indonesia masa depan. Yang mamapu membawa indonesia pada hakikat demokrasi nyata. Kembalinya identitas mahasiwa adalah mimpi besar bagi bangsa yang mampu menggiring indonesia pada titik nyata.

Esensi tri dharma perguruan tinggi perlu dipahami secara substansial oleh mahasiswa. Sebagai generasi bangsa dan ujung tombak kemajuan negara mahasiswa harus mampu membawa terobosan baru di dunia pendidikan.


Kontributor :
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar