default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Hoax Menciderai Tatanan Kehidupan

Hoax Menciderai Tatanan Kehidupan
Suara Pembaca
Muh Akbar
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

Oleh : Muh Akbar
(Ketua komisariat STAI DDI MAJENE)

Media sosial masih digunakan untuk menyebarkan politik kebencian, hoax, sara dan yang tentunya sangat dikhawatirkan mengoyak persaudaraan bahkan menjurus ke arah konflik sosial. Di tengah minimnya tingkat literasi masyarakat buntutnya, masyarakat malah berdebat untuk topik remeh yang ternyata hanyalah hoax.

Hoax politik juga sempat mengambil alih panggung opini publik, yang tentu menciderai perasaan masyarakat terdampak bencana. Padahal, seharusnya para korban mendapatkan perhatian utama dari publik pasca bencana, tetapi justru masyarakat diajak bertengkar untuk isu yang tidak penting dan nyeleneh.

Masyarakat tentunya harus meningkatkan pola pikir kritis ketika menerima informasi, masyarakat harus bisa berperan aktif membersihkan konten negatif di media sosial dengan bersama-sama melakukan siskamling digital. Kemudian melaporkan jika ada konten bermasalah, baik ke platform (Facebook, Twitter, Instagram), ke Kementrian Kominfo melalui aduankonten.id

Selain itu, bisa juga dilaporkan ke Bawaslu untuk konten terkait isu pemilu, dan untuk pelaporan di Polri terkait konten pelanggaran hukum.

Masyarakat juga bisa menggalakkan kegiatan bersama satu hari tanpa hoax (hoax free day) setidaknya menumbuhkan rasa bahwa hoax itu bisa menciderai antar sesama.

Selain kualitas literasi masyarakat, upaya penting yang harus dilakukan adalah memperbanyak silaturahmi antara masyarakat, terlebih antar tokoh masyarakat, agama, dan publik. Sebab, tatap muka bisa mencairkan kecurigaan dan bisa menghapus prasangka.

Di era digital ini, jangan sampai kita mengenal masyarakat lain yang beragam hanya sepotong dari media sosial, tapi kita harus mengenal sepenuhnya dari pertemuan dan tatap muka.

Tidak hanya itu, mengajak komponen masyarakat dari level keluarga, tentang pentingnya bermedsos yang sehat adalah suatu keharusan untuk menjaga kesatuan negeri tercinta kita ini.


Kontributor : Suara Pembaca
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar