default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Eva Sundari, Jenguk Pematung Spesialis Figur Bung Karno di Blitar

Eva Sundari, Jenguk Pematung Spesialis Figur Bung Karno di Blitar
Peristiwa Daerah
Eva Kusuma Sundari saat menjenguk pematung di Blitar yang tengah sakit.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

BLITAR - Eva Kusuma Sundari anggota DPR RI periode 2014–2019 dari Fraksi PDI Perjuangan, Minggu (10/2/2019) malam menjenguk Bondan Widodo (56) pematung spesialis figur Bung Karno asal Blitar.

Selain pematung, Bondan yang juga terkenal sebagai pelukis, pemahat, dan penulis ini mengalami penyempitan saraf punggung akibat aktivitas memahat figur Bung Karno di pohon Gada yang ada di depan halaman rumah semasa kecil Bung Karno yang beberapa waktu lalu rubuh.

Saat ditemui, Eva Sundari mengatakan, Bondan merupakan salah satu tokoh Budayawan yang ada di Blitar.

"Penjaga nilai, penjaga zaman itu sebenarnya ada di para budayawan. Salah satu ekspresinya di dunia seni, salah satu tokohnya ya Pak Bondan ini," katanya.

Eva menilai, tidak hanya karyanya saja yang dinilai, namun para seniman juga memiliki hak untuk hidup layak. Pihaknya mencontohkan seperti halnya seniman di Eropa.

"Kalau di Eropa seniman itu talent dan tidak ada sekolahnya, karena bakat itu anugerah dari Tuhan. Seniman itu dipuji-puji tapi tidak diberi asuransi, kemudi sistem karir seniman tidak ada, padahal ini anugrah dari Tuhan," ungkapnya.

Eva berharap para seniman kedepannya bisa hidup layak karena setiap orang berhak hidup layak. Pihaknya juga berharap, kedepanya para seniman bisa tercover oleh BPJS.

"Kalau di negara maju seniman itu langka, dan mereka itu mendapatkan apresiasi yang tinggi. Mudah-mudahan ada perbaikan jaminan untuk seniman. Semisal para seniman tercover BPJS. Kan dulu tidak pernah terpikirkan, mudah-mudahan kedepannya keleyakan mereka lebih diperhatikan," harapnya.


Kontributor : Nanang Habibi
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar