default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Difasilitasi Istri Menteri, 6 IKM Batik Pamekasan Pameran di Jakarta

Difasilitasi Istri Menteri, 6 IKM Batik Pamekasan Pameran di Jakarta
Peristiwa Daerah
Stand pameran IKM Pamekasan di Adiwastra Nusantara 2019.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

PAMEKASAN- Pameran Batik dan Tenun Adat Adiswastra Nusantara 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta Pusat diikuti oleh 6 IKM batik Pamekasan yang difasilitasi istri Menteri Perindustrian RI dan Yayasan Batik Indonesia (YBI).

"Dari sentra Kowel 1, Podhek 2, Larangan Badung 1, dan Klampar 2. Semua 12 orang," kata Hadi pengrajin Batik Podhek yang mengikuti kegiatan pameran tersebut.

Pameran yang berlangsung dari tanggal 20 - 24 Maret 2018 diikuti oleh perwakilan IKM seluruh Indonesia.

Pengrajin Batik Podhek Hadi membawa 200 lembar batik, terdiri atas 70 lembar kelas premium dan sisanya non premium. 

"50% batik Podhek dan 50% batik dari sentra Nong Tangis, Larangan Badung, Toket, dan Klampar. Penjualan 120 lembar Rp 60 juta," jelas Hadi.

Kedepannya Hadi berharap Pemkab tidak tutup mata kalau ada pameran-pameran seperti itu.

"Sekarang pameran-pameran besar standnya difasilitasi Kemenperind, tetapi masih butuh dukungan dari Pemkab Pamekasan," tutur Hadi yang dikenal sebagai pembuat motif Batik Podhek.

Hadi yang sedang dalam perjalanan menuju Pamekasan mengatakan, bahwa IKM peserta pameran Adiwastra 2019 asal Pamekasan sumbangan untuk ongkos kendaraan pulang pergi Madura - Jakarta.

"Peserta pameran dari Pamekasan sumbangan pribadi untuk transportasi sebesar Rp 25 juta, tidak ada bantuan sepersenpun dari pemkab. Ini fakta," terang Hadi dengan nada kesal.

Untuk diketahui, keikutsertaan IKM Batik Pamekasan atas permintaan dari YBI dan stand 12x3 meter difasilitasi ketua penyelenggara Yantie Airlangga istri Menteri Perindustrian. Kabupaten Pamekasan mendapat juara stand favorit.


Kontributor : Chandra Kirana
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar