default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

PT Pupuk Kaltim Serahkan Bantuan Pembuatan Terumbu Buatan dan Alat Selam

PT Pupuk Kaltim Serahkan Bantuan Pembuatan Terumbu Buatan dan Alat Selam
Peristiwa Daerah
Staf Direktorat Produksi PT Pupuk Kaltim, Sri Mukartiningsih saat menyerahkan alat selam kepada kelompok Kimasean. Foto Ismail
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

 

BONTANG - Sejak tahun 2009, PT Pupuk Kalimantan Timur menurunkan 500 terumbu karang buatan, terumbu karang buatan ini merupakan langkah PT Pupuk Kaltim untuk memperbaiki ekosistem bagi para biota-biota laut yang berada di kawasan Tombok Batang. 

Staf Direktorat Produksi PT Pupuk Kaltim, Sri Mukartiningsih mengatakan bahwa perairan Iaut di sekitar Pupuk Kaltim, selain digunakan untuk keperluan industri, juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber daya perikanan.

Menurutnya, aktivitas industri dan praktek penangkapan ikan yang merusak dan tekanan dari berbagai aktivitas masyarakat di daerah pesisir, menyebabkan ekosistem terumbu karang mengalami degradasi. 

"Kami berkomitmen untuk menjaga ekosistem Iaut melalui program Penurunan Terumbu Buatan yang digagas sejak 2009 hingga 2022 mendatang, dengan membuat dan menurunkan terumbu buatan rata-rata 500 terumbu setiap tahun," katanya, Rabu (24/4/2019) siang. 

Lebih lanjut, Sri menerangkan kegiatan konservasi ini melibatkan kelompok nelayan Kimasea, dimana peran mereka dalam menjaga kelestarian ekosistem Iaut cukup panting.

"Kali ini, kelompok Kimasea akan membuat 500 terumbu buatan dan akan diturunkan di perairan Tobok Batang pada peringatan HUT ke 42 Pupuk Kaltim pada Desember mendatang. Pupuk Kaltim juga akan memberikan bantuan berupa 2 set peralatan selam untuk kelompok Kimasea. yang akan digunakan saat memantau terumbu buatan," imbuhnya. 

Ekosistem terumbu karang memiliki peran penting bagi sektor perikanan dan wisata. Untuk melestarikan lingkungan Iaut, perusahaan membuat program pemberdayaan masyarakat pesisir, melalui pembuatan terumbu buatan oleh Kelompok Kimasea.

Selain sebagai bentuk pembinaan, program ini juga bertujuan agar masyarakat memahami pentingnya keberadaan ekosistem terumbu karang. serta memicu kesadaran dan kepedulian terhadap terumbu karang. sehingga dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk kesejahteraan bersama. 

Dalam kesempatan yang sama Lurah Loktuan, Muhammad Takwin sangat menyambut baik atas kegiatan CSR yang dilakukan PT Pupuk Kaltim. Kegiatan ini dinilai penting mengingat terumbu karang merupakan salah satu media yang digunakan biota laut untuk bertahan hidup

"Kita tentu berterima kasih atas pembinaan dari pkt dalam hal ini CSRnya yang teah memberikan pemberdayaan masyarakat kami agar dapat memelihara terumbu karang," ucapnya. 

Ketua kelompok Kimasean, Jusman mengharapkan kegiatan ini dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang dalam hal pemeliharaan terumbu karang yang ada di tombol Batang, mengingat sebagian besar masyarakat memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. 

"Mudah-mudahan pupuk kaltim maupun pemerintah kota bontang untuk tidak henti-hentinya memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya terumbu karang untuk kehidupan masyarakat, karena tanpa adanya terumbu karang maka biota-biota laut akan menjauh," harapnya

Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan PT Pupuk Kaltim dilokasi tombol batang. Terumbu buatan yang telah ditanam, telah terjadi penempelan soft coral dan hard coral. ini menunjukkan bahwa terumbu karang milik Pupuk Kaltim membantu pertumbuhan coral. Selain coral, terumbu buatan Pupuk Kaltim juga telah dihuni oleh berbagai jenis lkan karang. (Adv) 


Kontributor : Isma'il
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar