default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

PGDN Jawa Timur Terbentuk, AD/ART Mulai Dibahas

PGDN Jawa Timur Terbentuk, AD/ART Mulai Dibahas
Religi
Sejumlah pengurus, saat kegiatan pembahasan AD/ART PDGN Jatim
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

SURABAYA - Pengurus wilayah Perkumpulan Guru Diniyah Nasional (PGDN) Jawa Timur menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) membahas Anggara Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) organisasi di Pondok Pesantren Manbaul Ulum, Desa Sumber Taman, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Saat dikonfirmasi, salah seorang pengurus Wakil Sekjen PGDN Jawa Timur, Ayopri, S.HI menjelaskan, bahwa dengan berdirinya organisasi tersebut akan menjadi wadah perjuangan bagi para pengajar yang mengabdikan diri di pendidikan non formal.

"PGDN ini didirikan pada awal tahun 2018 lalu, di Ponpes Amanatul Ummah, Desa Pacet, Mojokerto Jatim. Konsentrasinya memperjuangkan guru dibawah naungan pondok pesantren, madrasah diniyah dan TPQ," terang Ayopri menjelaskan.

Kata Ayopri, dengan berdirinya PGDN tersebut diharapkan  bisa menjembatani dan menjadi angin segar bagi pengajar pendidikan non formal se-Jawa Timur.

"Hasil rapat kerja wilayah yang dilakukan oleh PGDN Jawa Timur, salah satu poinnya adalah untuk memperjuangkan kesejahteraan para guru madin. Selain itu, juga bertujuan memperjuangkan perbaikan sarana prasarana lembaga madin," harapnya.

Ayopri juga menegaskan, wadah itu nantinya juga akan menjembatani meningkatkan mutu pendidikan diniyah. Salah satu programnya, melakukan komunikasi dengan pemerintah bagaimana lembaga-lembaga ini bisa bersinergi agar semakin maju.

"Kita akan melakukan sinergi dengan Pemerintah Provinsi Jatim, Pemerintah Kabupaten dan kota, Kementerian Agama, dan juga kepada pihak swasta. Setidaknya mereka bisa menyiapkan alokasi dana khusus terkait pengembangan dan peningkatan kualitas guru diniyah dan lembaga diniyah," sebutnya.

Diakhir komentarnya, alumni IAIN Jember ini juga berharap, organisasi yang selama ini menjadi harapan dunia pesantren, nantinya juga bisa merambah ke tingkat Nasional.

"Apa bila itu tercapai, maka sangat mudah untuk melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat," pungkasnya.

Perlu diketahui, PGDN wilayah Jawa Timur sudah merata terbentuk ditiap kabupaten, lengkap dengan struktur pengurusnya.


Kontributor : Bahrullah
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar