default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Teken MoU Ketenagakerjaan, Kutai Barat Jadi Rumah Kedua Kabupaten Sikka

Teken MoU Ketenagakerjaan, Kutai Barat Jadi Rumah Kedua Kabupaten Sikka
Birokrasi
Saling bertukar cenderamata, Bupati Kabupaten Sikka Fransiskus Roberto Diogo menyerahkan plakat diterima Bupati Kubar FX Yapan usai MoU Ketenagakerjaan di ATJ Setkab Kubar
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

KUTAI BARAT – Setelah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Momorandum off Understanding (MoU) tentang ketenagakerjaan antara Pemerintah Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat (ATJ) Setkab Kubar, Kamis (16/5/2019).

Melalui MoU itu, tertuang  sejumlah butir perjanjian dan aturan dalam Penanganan Terpadu Pencegahan dan Penegakan Hukum Ketenagakerjaan. Selain itu menertibkan prosedur perekrutan tenaga kerja asal Kabupaten Sikka dan memberikan jaminan pelayanan kesehatan, keamanan dan keselamatan tenaga kerja sesuai UU Ketenagakerjaan.

Kemudian tugas dan tanggungjawab, untuk mengawasi perekrutan, penempatan dan perlindungan tenaga kerja asal Kabupate Sikka di Kubar. Melaksanakan monitoring dan evaluasi perekrutan penempatan dan perlindungan tenaga kerja serta memfasilitasi penyelesaian perselisihan hubungan industri antara pengguna tenaga kerja dengan pekerja asal Kabupaten Sikka di Kubar.

“Kepada seluruh jajaran Pemkab Kubar kami ucapkan terimakasih atas terjalinnya MoU ketenagakerjaan ini. Sehingga  kita dapat bersama optimalkan  kapasitas dan agar dapat memfasilitasi berbagai kebutuhan terkait ketenagakerjaan serta memberikan pengawasan sejak proses perekrutan, pengiriman, penerimaan, penempatan dan pemulangan tenaga kerja asal Kabupaten Sikka di Kubar,” ucap Bupati Kabupaten Sikka Fransiskus Roberto Diogo dalam sambutannya.

Kepada para paguyuban yang menanungi ikatan kerukunan warga Kabupaten Sikka seperti Ikentim, KKMF, PETIR dan lain sebagainya agar dapat meningkatkan peran dan fungsinya dalam mengayomi para warga ikut serta menjaga kondusifitas keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama, antar masyarakat yang  multi etnis.

Menyikapi harapan Pemkab Kubar untuk peningkatan kualitas hidup yang lebih baik dan mendukung pembangunan daerah setempat. Fransiskus Roberto Diogo menjadikan Kubar sebagai rumah kedua dari Kabupaten Sikka, serta menjalin tali silturahmi dan keakraban persaudaraan yang terus dipertahankan.

“Kalimantan merupakan rumah kedua khususnya di Kabupaten Kubar ini yang sudah menjadi rumah kedua bagi warga pekerja asal Provinsi NTT. Kemudian bagi warga yang telah menjadi bagian keluarga di Kubar, agar dapat meningkatkan peran dan fungsinya dalam mengayomi para warga setempat, serta menjaga kondusifitas keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama, antar masyarakat yang  multi etnis di Kubar ini,” tegasnya.

Selain itu, Fransiskus Roberto Diogo, sangat mengharapkan kerjasama itu akan berkelanjutan di tahun berikutnya. Kata dia, Pemkab Sikka berkomitmen akan mengundang Pemerintah Kubar (Bupati Kubar) untuk melakukan MoU ketenagakerjaan yang kedua kalinya di Kabupaten Sikka.

“Saya berharap penandatanganan MoU Bidang Ketenagakerjaan oleh Pemkab Sikka dan Pemkab Kutai Barat selanjutnya dapat dilaksanakan di Kabupaten Sikka pada tahun 2021 mendatang,” pungkasnya. (Alfian Nur)


Kontributor : Alfian Nur
Editor : Eki Adi Yudistira
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar