default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Cagar Budaya Dirusak, Komunitas MPCB Bondowoso Aksi Pasang Tali Rafia

Cagar Budaya Dirusak, Komunitas MPCB Bondowoso Aksi Pasang Tali Rafia
Sejarah
Para anggota Komunitas Masyarakat Peduli Cagar Budaya (MPCB) Bondowoso saat memasang pagar rafia di area tempat Cagar Budaya di Desa Pekauman, Kecamatan Grujugan (Foto Suaraindonesia/Bahrullah)
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

BONDOWOSO - Rusaknya Cagar Budaya di Desa Pekauman, Kecamat Grujugan akibat perluasan area pabrik triplek milik PT Indah Karya menyedot perhatian berbagai kalangan.

Salah satunya, perhatian datang dari komunitas Masyarakat Peduli Cagar Budaya (MPCB) Bondowoso yang melakukan aksi pemasangan pagar menggunakan tali rafia di kawasa Cagat Budaya di Desa Pekauman, Kecamatan Gerujugan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Muhammad Afifi, Ketua komunitas MPCB Bondowoso mengatakan, gerakan ini dilakukan sebagai bentuk penolakan perluasan pabrik oleh PT Indah Karya Palaywood di tempat situs-situs purba kala Cagar Budaya.

"Ini merupakan gerakan cinta yang murni lahir dari anak muda dan masyarakat Bondowoso. Kita ngumpukan bambu-bambu ini secara swadaya, tali rafia juga kita galang donasi seikhlasnya," tutur Afif, (20/5/2019).

Gerakan pagar rafia ini, lanjut Afifi, dimaksudkan untuk menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa sesungguhnya Kabupaten Bondowoso merupakan kabupaten yang banyak memiliki situs-situ peninggalan sejarah yang sangat unik.

Katanya, ada sekitar 1.600 batu megalitikum yang tersebar di Kabupaten Bondowoso yang sudah diregistrasi oleh pemerintah.

"Pemasangan pagar rafia ini dalam rangka mengamankan dan menyelamatkan nilai sejarah dan identitas kabupaten Bondowoso. Agar tidak dipindah, apalagi dirusa," pungkas Afif.

Perlu diketahui, MPCBB merupakan gabungan dari berbagai komunitas anak muda se-Bondowoso, diantaranya, Relawan Muda Bondowoso (RMB), Bondowoso Tempoe Doeloe, GUSDURian Bondowoso, Pemuda Megalith Bondowoso, K-cong Bondowoso, Bonvika, dan elemen-elemen lainnya.


Kontributor : Bahrullah
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar