default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Politeknik Negeri Jember Buka Pendaftaran UMPN, Ini Batas Waktunya

Politeknik Negeri Jember Buka Pendaftaran UMPN, Ini Batas Waktunya
Peristiwa Daerah
Sejumlah calon mahasiswa yang mengikuti tes tulis UMPN di Politeknik Negeri Jember, Senin (20/5/2019).
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

JEMBER - Setelah rampung proses seleksi penerimaan mahasiswa baru (maba) Politeknik Negeri Jember (Polije) jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Prestasi Akademik (PMDK-PA) dan PMDK Politeknik Nasional (PMDK-PN), kini sudah dimulai pendaftaran maba jalur UMPN (Ujian Masuk Politeknik Nasional). 

Pendaftaran jalur UMPN ini dimulai hari Senin (20/5/2019) dan akan ditutup sebulan kedepan pada 20 Juni 2019.

"Mulai hari ini penerimaan maba jalur UMPN dibuka secara resmi. Jalur UMPN merupakan seleksi maba dengan melalui ujian tulis. Jalur UMPN dibagi menjadi 2 bidang, yaitu Bidang IPA dan IPS," kata Wakil Direktur Bidang Akademik Surateno, S.Kom, M.Kom ketika melaunching jalur UMPN di depan awak media.

Menurut dia, jalur UMPN Polije dibagi menjadi bidang IPA dan IPS, dengan mendasarkan pada program studi yang dipilih di antara 21 program studi yang ada di Polije.

"Bidang IPS meliputi 2 prodi yaitu prodi Bahasa Inggris dan Akuntansi Sektor Publik, sedangkan yang termasuk bidang IPA meliputi semua prodi yang ada di Polije selain Bahsa Inggris dan Akuntansi Sektor Publik," terangnya.

Jalur UMPN merupakan seleksi penerimaan maba melalui ujian tulis yang dilakukan bersama-sama dengan 43 Politeknik Negeri se-Indonesia. Pendaftaran jalur UMPN Polije dilakukan hanya secara online melalui laman htpps://pmb-online.polije.ac.id.

Setiap peserta diberikan kesempatan memilih 4 pilihan prodi, dengan ketentuan pilihan 1 dan 2 hanya untuk pilihan prodi di Polije, sedangkan pilihan 3 dan 4 bisa dimanfaatkan untuk memilih semua prodi yang ada di Politeknik seluruh Indonesia.

"Pilihan 1 dan 2 hanya bisa dimanfaatkan di Polije atau Politeknik tempat pendaftaran, sedangkan pilihan 3 dan 4 bersifat tentatif, bisa dimanfaatkan untuk memilih prodi lintas Politeknik," lanjutnya.

Menurut dia, jalur UMPN menjadi salah satu jalur strategis untuk memperebutkan kuota 30 persen maba Polije tahun akademik 2019/2020.

Lebih lanjut dijelaskannya, langkah pendaftaran dilakukan dengan melakukan registrasi lebih dahulu di laman pendaftaran, stelah diisi sesuai dengan tatacara yang benar, pendaftaran akan mendapatkan kiriman nomor virtual account (VA).

"Proses pendaftaran dilanjutkan dengan melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar 250 ribu melalui semua bank baik melalui loket, ATM, SMS banking, internet banking serta dilanjutkan dengan login ke laman pendaftaran dengan menggunakan nomor VA dan dilanjutkan dengan mengisi semua biodata sampai simpan final," jelasnya.

"Proses pendaftaran dikatakan tuntas, manakala pendaftar sudah melakukan registrasi, membayar biaya pendaftaran, login dan isi biodata sampai simpan final serta mencetak bukti pendaftaran dan biodata," lanjutnya.

Ditambahkanya, untuk pelaksanaan tes tulis jalur UMPN akan dilakukan pada Sabtu (22/6/2019), dua hari setelah pendaftaran ditutup.

"Lokasi pendaftaran akan dipusatkan di kampus Polije jalan Mastrip Jember, yang secara detil bisa dilihat di kartu pendaftaran," ucapnya.

Perlu diketahui, mata pelajaran tes tulis untuk bidang IPA meliputi : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia dan Biologi, sedangkan untuk bidang IPS meliputi : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi dan Akuntasi. 


Kontributor :
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar