default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Ini Tuntutan Warga Korban Banjir Dalam Aksi Damai di PT Indominco Mandiri

Ini Tuntutan Warga Korban Banjir Dalam Aksi Damai di PT Indominco Mandiri
Peristiwa Daerah
Aksi Damai sekaligus kekecewaan warga korban banjir: Salah satu peserta aksi damai memegang Tulisan Indominco Go To Hell
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

KUTAI TIMUR - Aksi Damai yang dilakukan oleh Gerakan Masyarakat Peduli Banjir(GMPB) Bontang dan juga masyarakat Desa Santan Kabupaten Kukar berakhir damai meskipun ada sedikit gesekan yang ditimbulkan oleh oknum security PT.IMM.

Dari aksi damai yang diprakarsai GMPB tersebut muncul 7 tuntutan bagi PT. Indominco Mandiri (IMM) sebagai konsekuensi dari banjir yang diduga oleh warga disebabkan oleh aktivitas pertambangan PT.IMM.

Salah satunya adalah GNPB akan melakukan pendampingan koordinasi teknis dan juga survey lapangan bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur, Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang, Pemerintah Kabupaten ( Pemkab)Kutim dan juga Pemkab Kutai Kartanegara.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh koordinator Aksi Damai GMPB Muhammad Sahib dalam aksi yang dilakukan di depan pos segendis PT.IMM, Sabtu (15/06/2019).

"Kami akan mendampingi langsung sesuai kesepakatan kami semua di GMPB, guna mendapatkan bukti valid dan nyata terkait dampak aktifitas pertambangan PT.IMM," ucapnya.

Selain itu normalisasi 3 sungai di Desa Santan Tengah yaitu Sungai Handil 2, Sungai Handil 3, serta Sungai Handil Micok juga menjadi usulan yang mencuat karena disinyalir akibat aktifitas pertambangan PT.IMM ketiga sungai tersebut mengalami pendangkalan sehingga tidak bisa menampung debit air yang melewatinya ketika hujan dengan intensitas tinggi mengguyur hulu daerah tersebut.

Beberapa tuntutan lainnya yang muncul dalam aksi tersebut adalah permintaan penutupan lubang tambang PT.IMM yang berjarak kurang dari 50 meter dari bibir sungai, Reklamasi lahan yang dilakukan oleh PT.IMM juga diminta dilakukan secara terbuka, Tak hanya itu pemulihan sungai santan seperti sedia kala serta pemulihan perekonomian warga yang terdampak banjir juga menjadi tuntutan utama dalam aksi damai tersebut.

"Kami minta Indominco juga turun tangan membantu penanganan banjir di Kota Bontang dan Desa Santan sebagai daerah yang terdampak banjir secara langsung," tukasnya.


Kontributor : Eki Nugraha
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar