Kopi Bataco, Inovasi Kopi Ekstrak Buah Karya Mahasiswa UB Ukir Prestasi di Malaysia

Kopi Bataco, Inovasi Kopi Ekstrak Buah Karya Mahasiswa UB Ukir Prestasi di Malaysia
Peristiwa Daerah
Produk Kopi BATACO Universitas Brawijaya Dengan Campuran Ekstrak Buah Tropis Indonesia.

SUARA INDONESIA - Tim BATACO Indonesia berhasil membawa pulang Medali Emas di ajang  International Invention and Innovative Competition (InIIC) 2019 Malaysia.

Tim gabungan dari mahasswa Teknik Elektro dan Agribisnis Universitas Brawijaya (UB) Malang ini mampu bersaing dengan lebih dari 100 produk inovasi lainnya di Hotel Malacca, Malaysia, 27 hiingga 29 April 2019 lalu.

Tim yang dibina oleh Eka Maulana, ST, MT, MEng ini menawarkan inovasi produk kopi dengan ekstraksi buah tropis Indonesia seperti Manggis, Nanas, Pisang, dan Sirsak.

Ekstrak buah ini dipadukan dengan Kopi Arabika yang berasal dari Lereng Gunung Arjuno, Malang.

Ketua Tim BATACO, Yusril Fatahilmi mengatakan inovasi kopi dengan ekstrak buah tersebut memberikan solusi untuk penggemar kopi dalam pemenuhan gizi mikro dalam tubuh.

"Kopi jika dikonsumsi secara berlebihan akan mempengaruhi kesehatan tubuh, untuk meningkatkan pola hidup sehat maka kopi bisa dicampur dengan ekstrak buah, sehingga gizi mikro dalam tubuh terpenuhi," ujar mahasiswa jurusan Teknik Elektro UB itu saat ditemui di Gedung FT UB, Selasa (18/06/2019).

Selain gizi mikro, produk itu juga dapat mencegah blood hardening (pengerasan pembuluh darah) yang mengakibatkan stroke, mencegah serangan jantung akibat efek kafein yang berdampak menghasilkan kontraksi yang kuat pada jantung.

"Kopi dengan ekstrak buah ini juga mampu meningkatkan kinerja otak dalam meningkatkan daya ingat," kata mahasiswa angkatan 2016 itu.

Tim BATACO Indonesia ini terdiri dari 5 orang yaitu Yusril Fatahilmi (TE’16), Elok Paikoh (Agr’15), Novita Kartika Kusuma Wardani (Agr’16), Fajar Noor Alamsyah N. (Agr’16), dan Muhamad Ibnu Fajar (TE’17).

Yusril dan timnya berharap kopi BATACO mampu memberikan manfaat terhadap orang banyak. Ia ingin menjadikan produk ini sebagai produk baru unggulan Indonesia yang dicintai oleh masyarakat.

"Semoga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya Indonesia dan juga mampu menjadi solusi pemenuhan gizi mikro pada masyarakat tanpa menghilangkan budaya yang sudah ada,” ungkapnya.


Kontributor : Swandy Tambunan
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar