default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Satreskrim Benarkan, Kuasa Hukum Bupati Kubar Lapor Akun FB Pencemaran Kliennya

Satreskrim Benarkan, Kuasa Hukum Bupati Kubar Lapor Akun FB Pencemaran Kliennya
Birokrasi
Bupati Kubar FX Yapan dalam keterangan persnya di malam pembukaan turnamen sepak bola Bupati Cup ke-8 di Stadion Swalas Gunaq Sendawar
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

KUTAI BARAT – Kepolisian Resor (Polres) Kutai Barat (Kubar) membenarkan atas kedatangan Agustinus SH, selaku kuasa hukum Bupati Kubar FX Yapan SH, pada Rabu (19/6/2019), guna melaporkan akun Facebook (FB) yang dinilai mencemarkan nama baik kepala daerah tersebut untuk segera diproses hukum.

Kedatangannya itu  bertujuan guna melaporkan pemilik akun yang telah menyebarkan berita bohong/hoax dan fitnah terhadap kliennya. Hal itu dilakukan dalam postingan di group FB Keluhan & Saran Warga Kubar dan Kaltim, dengan isi rekaman suara di YouTube di langsir pada 15 Juni 2019.

“Benar, kuasa hukum Bupati Kubar yakni Agustinus telah datang ke penyidik untuk melapor si pemilik akun FB yang dianggap menyebarkan berita hoax dan fitnah terhadap kliennya, yang sempat viral hingga menjadi bahan omongan pro dan kontra warga netizen di medsos facebook,” ungkap Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan, melalui Kasat Reskrim AKP Ida Bagus Kade Sutha, saat dikonfirmasi awak media, Kamis (20/6/2019) kemarin.

Ditanya wartawan siapa pemilik akun FB terlapor, pihak penyidik belum bisa merelease atas nama akun terlapor. Disebabkan kasus tersebut masih dalam tahap lidik Kepolisian Polres Kubar. “Kami masih lakukan tahap lidik dalam kasus tersebut,” tegasnya.

Sementara di telusuri suraindonesia.co.id dari penelusuran di group FB Keluhan & Saran Warga Kubar dan Kaltim atas postingan pemilik akun, sudah tidak dapat ditemukan lagi alias postingan telah dihapus.

Namun diketahui, postingan pada 15 Juni 2019 tersebut, dengan konten rekaman di YouTube berjudul Bupati Kubar (YAPAN) Peras Perusahan di share oleh pemilik salah satu akun FB di branda group tersebut, dengan postingan berjudul (PAPA MINTA ULIN) sehingga viral di warga netizen.

Sebelumnya Bupati Kubar FX Yapan dalam keterangan persnya di sela malam pembukaan turnamen sepak bola Bupati Cup ke-8 di Stadion Swalas Gunaq Sendawar pada Senin 17 Juni 2019 mengatakan, dirinya menilai postingan tersebut sudah keterlaluan, sehingga ia menyerahkan kasus tersebut ke pihak Polres Kubar.

“Walaupun saat ini saya lelah dengan kritikan yang diposting di medsos seperti facebook, instagram maupun twitter, yang tidak memberikan pendidikan politik dan kebersamaan kepada daerah. Tapi saya sabar dan yakin kepada masyarakat bahwa mereka tau mana yang baik dan mana yang benar,” terangnya.

Diakui Yapan, bahwa dirinya banyak mendapat kritikan dan hujatan selama ia menjadi Bupati bersama H Edyanto Arkan Wakilnya. Mulai dari kritikan atas kinerja pemerintahan, hingga posting rekaman yang diolah sedemikian rupa dengan isi konten memeras salah satu perusahan perkebunan kelapa sawit di Kubar.

“Kita serahkan ini kepada penegak hukum agar mengambil langkah, supaya masyarakat Kubar yang selama selalu kondusif, tidak terjadi perselisihan yang disebabkan oleh sejumlah pihak membentuk opini negatif dan meresahkan baik pribadi maupun masyarakat,” imbuh Yapan.

Selain itu, Yapan mengimbau agar masyarakat senantiasa bijak dalam menggunakan media sosial apalagi menjadi sarana penyebar kebencian dan fitnah kepada pribadi maupun menimbukan keresahan dimasyarakat, karena hal itu dapat di pidana.

Untuk diketahui, sesuai UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU 19/2016). Dimana ancamannya hingga 6 tahun serta denda maksimal Rp1 miliar. (Alfian Nur)


Kontributor : Alfian Nur
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar