default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Sejarah Umaa Huwang Triing, Bupati Kubar Hadiri HUT ke-659 Kampung Tering Lama

Sejarah Umaa Huwang Triing, Bupati Kubar Hadiri HUT ke-659 Kampung Tering Lama
Sejarah
Didampingi Ketua Lembaga Adat Besar Kabupaten, Bupati Kubar FX Yapan mengguntikan pita prasasti sejarah di HUT ke-659 Kampung Tering Lama
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

KUTAI BARAT – Dari sudut pesisir Sungai Mahakam banyak menyimpan sejarah, salah satunya di Kampung Tering Lama, Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Provinsi Kaltim. Harini tadi, masyarakat yang berasal dari Suku Dayak Bahau Saaq, atau Huwang Triing merayakan hari jadi kampung itu yang ke 659 tahun, di Lamin Adat Kampung Tering Lama, pada Minggu (23/6/2019).

“Sejarah membuktikan dengan dibuatnya monumen dan prasasti sejarah. Bahwa keberadaan kampung  ini sudah cukup lama, bahkan sudah ada sebelum wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merdeka. Artinya, kekuatan persatuan dan kesatuaanlah yang memerdekakan kita, sehingga patut kita hargai jasa para tetua dan leluhur terdahulu membangun kampung yang tak dapat terpisahkan oleh warga Huwang Triing,” ungkap Bupati Kubar FX Yapan, saat menghadiri perayaan tersebut.

Melalui kegembiraan itu, FX Yapan mengajak seluruh elemen masyarakat Tering Lama untuk satukan tekat dan niat demi ‘Terwujutnya Kutai Barat Yang Semakin Adil, Mandiri dan Berlandaskan Ekonomi Kerakyatan dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia’. Kata dia, suksesnya kegiatan tersebut, menandakan belum berakhirnya perjuangan untuk terus memajukan kampung tersebut tampa sinergitas dan kerjasama semua pihak.

“Besar harapan kita semua dapat melupakan segala perbedaan yang ada. Mari kita satukan langkah, tekat dan niat demi menyonsong hari esok lebih baik daripada hari ini. Terimakasih kepada seluruh masyarakat se-Kabupaten Kubar, yang selama ini mendukung setiap program pemerintah setempat, untuk suksesnya pembangunan berkelanjutan,” tukasnya.

Sambung dia, “sekali lagi saya ucapkan, selamat Dirgahayu Umaa Huwang Triing ke-659. Semoga diusianya yang matang untuk lebih mengembangkan potensi daerah, memaksimalkan peran masyarakat, peran perempuan demi kesejahteraan bersama di kampung tersebut,” pungkasnya. (Alfian Nur)


Kontributor : Alfian Nur
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar