default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Siswa SMPN 1 Sangatta Utara Membeludak, Disdik Kutim Pinjam Ruang Kelas SD Untuk KBM

Siswa SMPN 1 Sangatta Utara Membeludak, Disdik Kutim Pinjam Ruang Kelas SD Untuk KBM
Birokrasi
Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Roma Malau saat diwawancara awak media
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

KUTAI TIMUR - Sistem zonasi yang telah diterapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur, mengakibatkan jumlah siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di salah satu sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Sangatta Utara membludak.

Sebagai upaya untuk tetap menerima para siswa tersebut Dinas Pendidikan (Disdik) mengusulkan untuk membagi jam masuk sekolah dan meminjam gedung Sekolah Dasar.

Hal tersebut di sampaikan langsung oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Roma Malau ketika ditemui usai rapat cofee morning, di ruang Meranti Kantor bupati Kutai Timur. 

"Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengalami kelebihan siswa, ya memang sistem zonasi mau tidak mau kan harus diterima nah sedangkan kelas itu kan terbatas” ujar Roma, Senin (24/06/2019)

ia juga menyampaikan akibat dari jumlah ruang kelas yang tidak memadai, maka nantinya sekolah tersebut akan menerapkan pembagian waktu masuk kelas yaitu pagi dan siang hari, serta akan meminjam lima ruang kelas yang ada di Sekolah Dasar (SD) yang berlokasi tepat di sebelahnya.

Namun dirinya juga menuturkan meskipun siswa membludak, tenaga pengajar yang dimiliki masih mencukupi dan lengkap.

“Solusi yang kami berikan bisa kita pinjam sekolah, kami berkordinasi dengan kepala sekolah dasar, kami tanya siswa SD itu pulang jam berapa,jika jam 11 maka nanti kami masuk jam 12 siang gak masalah” tuturnya

Selanjutnya Roma menjelaskan bahwa sekolah yang membludak siswanya hanya terjadi pada SMPN 1 Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, yang menurutnya hal itu disebabkan dengan bertambahnya populasi penduduk di wilayah tersebut. Sehingga ia juga berharap nantinya akan ada penambahan kelas atau sekolah SMP Negri baru.

“Yang paling banyak itukan SMPN 1 Sangatta Utara dan SMPN 1 Sangatta Selatan, kalau yang lain terakomodir semua, memang seharusnya yang di Jl. Pendidikan sudah harus dua SMP negri, dilihat dari jumlah penduduknya, dan juga di Sangatta Selatan, mudah-mudahan kedepan kita dapat menambah ruang kelas, atau sekolah baru” pungkasnya.


Kontributor : Erwin
Editor : Eki Adi Yudistira
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar