default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Proyek Tahun Jamak, Pemkab Mahulu Anggarkan Rp 255 miliar

Proyek Tahun Jamak, Pemkab Mahulu Anggarkan Rp 255 miliar
Birokrasi
Bupati Kabupaten Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh SH
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

MAHAKAM ULU – Secara bertahap Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) mulai berbenah dengan melakukan pembangunan tiga kantor pusat kepemerintahan melalui penganggaran memakai pola tahun jamak pada APBD Mahulu selama dua tahun.

Tiga proyek bangunan sekala besar itu yakni, Kantor Bupati Mahulu dengan spesifikasi bangunan gedung permanen, Kantor Bappeda dan Gedung DPRD Mahulu. Pembangunan tiga kantor tersebut akan di bangun dilokasi rencana pusat kepemerintahan mahulu di wilayah perbatasan antar Kampung Long Melaham dan Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun.

“Tiga bangunan itu dianggarkan melalui tahun jamak periode 2019-2020 dengan total anggaran biaya sebesar Rp 255 miliar. Tahap pertama hanya tiga kantor. Kemudian menyusul pembangunan kantor lainnya,” ungkap Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, usai kegiatan MoU tentang TP4D dengan Kejaksaan Kubar, pada 18 Juni 2019 di Sendawar.

Menurut dia, untuk membangun sejumlah Satuan Kantor Perangkat Daerah (SKPD) lainnya butuh anggaran biaya yang cukup besar, sehingga Pemda setempat tidak mampu untuk membangun kantor SKPD lainnya sekaligus. Selain itu pihaknya akan mengupayakan sharing dari provinsi maupun pusat.

“Kecuali ada bantuan anggaran biaya melalui Pemerintah Pusat dan Provinsi Kaltim, sehingga kita bisa bangun kantor SKPD lainnya sekaligus banyak. Jadi dengan postur anggaran yang ada, maka tiga kantor saja yang dapat dibangun, selanjutnya bertahap di tahun berikutnya,” imbuhnya.

Senada dikatakan Wakil Bupati Mahulu Y Juan Jenau, belum lama ini mengungkapkan bahwa rencana pembangunan tiga kantor tersebut telah memasuki tahap lelang pada Agustus mendatang.

“Setiap tahun kita anggarkan melalui APBD Mahulu sesuai perencanaan dan secara fisik telah dilaksanakan. Mulai dari anggaran biaya pembangunan infrastruktur jalan dan pembangunan kantor serta sarana lainnya. Namun anggaran terbatas, sebab Mahulu sebagai daerah yang baru mekar dari Kabupaten Induk di Kutai Barat,” pungkansnya.

Diketahui hinga saat ini, kantor Bupati Mahulu sementara berkantor di Kantor Kecamatan Long Bagun, sedangkan kantor Kecamatan Long Bagun masih dalam tahap proses renovasi penyempurnaan bangunan yang terletak di pusat kepemerintahan Ibukota Mahulu di Ujoh Bilang.

Kabupaten Mahulu merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) pacahan dari Kabupaten Kubar Provinsi Kaltim dengan luas wilayah 72.567,49. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2013, Mahulu terdiri dari lima Kecamatan, yaitu Long Hubung, Laham, Long Bagun, Long Pahangai dan Long Apari. (Alfian Nur)


Kontributor : Alfian Nur
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar