default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Pasca Kecelakaan, Maskapai Arab Saudi Batalkan Pesanan Boeing 737 MAX

Pasca Kecelakaan, Maskapai Arab Saudi Batalkan Pesanan Boeing 737 MAX
Internasional
Pesawat Boeing jenis 737 MAX.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

DUBAI - Flyadeal maskapai murah Arab Saudi membatalkan pesanannya untuk pesawat Boeing 737 MAX senilai US$ 5,9 miliar. Sebagai gantinya, maskapai murah Arab Saudi itu memilih armada jet Airbus A320. 

Flyadeal telah mempertimbangkan kembali komitmen untuk memesan jet Boeing setelah dua pesawat MAX jatuh di Ethiopia pada Maret dan Indonesia Oktober lalu.

Kecelakaan dua pesawat Boeing 737 MAX 8 itu tidak menyisakan korban selamat dan menewaskan 346 orang.

"Pesanan ini akan menghasilkan flyadeal yang mengoperasikan armada all-Airbus A320 di masa depan," kata perusahaan dikutip dari reuters.

Flyadeal, yang telah mengoperasikan jet A320 sewaan sejak diluncurkan pada September 2017 lalu, akan menerima pengiriman pesawat Airbus baru mulai 2021. 

"Kami memahami bahwa flyadeal tidak akan menyelesaikan komitmennya pada 737 MAX pada saat ini mengingat persyaratan jadwal maskapai," kata juru bicara Boeing dalam pernyataan.

Flyadeal menandatangani komitmen untuk memesan 30 737 MAX jet pada Desember lalu, namun lebih memilih pesawat dari A 320 neo. 

Menurut Boeing, pesanan sementara, yang termasuk opsi pembelian tambahan untuk 20 jet MAX itu bernilai US$ 5,9 miliar pada daftar harga.

Berdasarkan persyaratan, Boeing 737 MAX akan tetap terhubung ke seluruh dunia apabila regulator mampu dan harus menyetujui perbaikan dan pelatihan pilot baru sebelum jet dapat terbang lagi. 

Oman Air pada Juni memperingatkan akan mengadakan pembicaraan dengan Airbus jika Boeing tidak memberikan dukungan dan pemulihan untuk MAX. 

Sementara itu, fly dubai maskapai Emirati mengatakan pada bulan April lalu bahwa ia dapat memesan A320neos sebagai pengganti jet MAX.


Kontributor : Swandy Tambunan
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar