default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Saldo Bertambah dan Berkurang, Bank Mandiri: Ini Bukan Fraid

Saldo Bertambah dan Berkurang, Bank Mandiri: Ini Bukan Fraid
Peristiwa Nasional
Mandiri.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

JAKARTA - Sejumlah nasabah Bank Mandiri, Sabtu (20/7/2019) pagi menyampaikan keluh kesahnya soal erornya layanan Bank Mandiri di media sosial.

Sebagian dari mereka ada yang mengeluhkan dana di tabungan berkurang drastis tanpa ada transaksi. Sebagian lagi mengabarkan soal pertambahan tabungan.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan perubahan saldo rekening pada sejumlah nasabah terjadi karena adanya proses pemindahan sistem.

"Saat ini kami informasikan dan tegaskan bahwa perubahan tersebut terjadi pada saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari. Namun pada kali ini, terjadi eror pada data saldo 10% nasabah Bank Mandiri," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, dalam konferensi pers, Sabtu ini di Plaza Bank Mandiri.

Rohan memastikan terjadinya kesalahan pada sistem yang menyebabkan saldo nasabah berubah, jadi bukan terjadi fraud atau kecurangan. Kesalahan ini lanjutnya, lebih disebabkan oleh kegagalan sistem, karena memory defect atau cacat memori pada perangkat keras (hardware).

Hal tersebut menurut Rohan penyebab saldo nasabah tertukar sehingga ada yang bertambah dan ada yang berkurang.

"Ada saldo yang bertambah dan berkurang ini bukti bukan fraud, karena kalau fraud kan biasanya berkurang," ucapannya.

Pihaknya juga tengah melakukan pengecekan berganda terhadap saldo nasabah. Nantinya saldo yang bertambah, jika belum diambil maka akan didebet secara otomatis. Begitu juga sebaliknya pada saldo yang berkurang, akan otomatis kembali seperti semula.

Bagaimana jika nasabah telah mengambil saldo yang bertambah? Rohan memastikan dana tersebut harus dikembalikan.

"Harus dikembalikan, nanti kami hubungi nasabah yang bersangkutan, kan kami ada datanya nanti saldo sebenarnya berapa," katanya.

Mandiri, lanjut Rohan, menjamin saldo nasabah akan segera pulih dalam waktu 2-3 jam ke depan, karena sebelum perpindahan ini selalu dilakukan backup data saldo nasabah.

Bank Mandiri mempersilahkan Nasabah yang ingin melakukan pengecekan rekening tabungannya ke kantor cabang Bank Mandiri. Rohan meminta nasabah untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Sekali lagi kami memohon maaf dan kami pastikan rekening nasabah, aman," tegas Rohan.


Kontributor : Windi Marika
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar