default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Terapkan Budaya Gotong Royong, Bupati Mahulu Buka Pencanangan BBGRM dan HKG-PKK di Matalibaq

Terapkan Budaya Gotong Royong, Bupati Mahulu Buka Pencanangan BBGRM dan HKG-PKK di Matalibaq
Sosial
Secara simbolis, Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh SH membukan kegiatan BBGRM dan peringatan HKG-PKK tahun 2019 di Kampung Matalibaq
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

MAHAKAM ULU - Bupati Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh SH, membuka acara pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 tingkat Kabupaten Mahulu yang dirangkai dalam peringatan HKG-PKK ke-47, tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dihelat Kampung Matalibaq, Kecamatan Long Hubung, pada Rabu (31/7/2019) kemarin.

Acar berlangsung di Balai Pertemuan Umum yang merupakan kantor satu atap Kampung Matalibaq. Secara simbolis Bupati Mahulu memukul gong sebagai pertanda dibukanya BBGRM ke-16 tahun 2019. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan berupa alat pertanian seperti cangkul, sekop dan sekaligus menyerahkan dokumen panduan Peraturan Kampung (Perkam) yang diterima Petinggi Kampung Long Pahangai.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP-PKK Mahulu, Yovita Bulan Bonifasius, Wakil Ketua TP-PKK Mahulu, Martina Luaq, serta sejumlah Kepala OPD dan Forkopimda Kabupaten Mahulu. Selain itu, Bupati juga menyempatkan diri untuk meninjau stand pameran, kemudian dilanjutkan menanam pohon buah, serta meresmikan kendaraan pengangkut sampah dan sarana air bersih dari alokasi anggaran tahun 2018, kemudian meresmikan Yayasan Pendidikan Kelompok Bermain Mas Romeo Kampung Matalibaq.

“Semangat gotong royong ini menjadi tradisi yang harus kita jaga melalui peringatan dalam pencanangan BBGRM ini salah satu bentuk melembagakan tradisi gotong royong yang ada dari tingkat nasional sampai ke desa/kampung. Terus semangatkan diri untuk maju hidup mandiri. Kita di Mahulu sangatlah beragam dan kita tetap hidup rukun dan bersatu dan menjunjung tinggi Pancasila dan bhineka tunggal Ika yang intisarinya gotong royong,” ucap Bupati.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Petinggi Kampung Matalibaq, Isodorus Huvang Paran dan antusiasme atas partisipasi masyarakat sehingga Kampung tersebut siap menjadi tuan rumah BBGRM dan HKG-PKK tingkat kabupaten melalui dukungan 50 Kampung dari 5 Kecamatan se-Mahulu. Kata dia, suksesnya pembangunan kampung harus melibatkan lembaga kemasyarakatan kampung setempat.

“Saya harapkan melalui bulan Bhakti ini sebagian program yang diresmikan di Kampung Matalibaq, seperti sarana air bersih, yayasan pendidikan dan kendaraan operasional pengangkut sampah dan yang lainya dapat berjalan sesuai dengan harapan untuk kesejahteraan warga setempat. Sebab, melalui gotong royong serta mufakat pengurus dan masyarakat setempat dapat menjadi kampung yang mandiri,” harapnya.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Mahulu, S Lawing Nilas, Camat Long Hubung, Kepala Adat Besar Kampung Matalibaq, Hendrikus Hibau Bong, serta sejumlah Kepala Adat Kampung sekitarnya dan antusiasme tamu undangan yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. (Alfian Nur)


Kontributor : Alfian Nur
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar